Disinggung MK Suara Partai Golkar Melonjak, Airlangga: Saya Pastikan Bansos Bungkusnya Tidak Berwarna Kuning
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta, Jumat (5/4/2024). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
14:08
5 April 2024

Disinggung MK Suara Partai Golkar Melonjak, Airlangga: Saya Pastikan Bansos Bungkusnya Tidak Berwarna Kuning

  - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto merespons pertanyaan hakim konstitusi Arief Hidayat yang menyinggung melonjaknya suara Partai Golkar pada Pemilu 2024. Ia mengaku, mengetahui pertanyaan itu dari media massa setelah salat Jumat.   "Tadi diangkat Pak Arief Hidayat dan sudah jadi berita di media. Saya baca sesudah salat Jumat sudah jadi berita. Jadi izinkan kalau diperbolehkan," kata Airlangga saat memberikan keterangan dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Jumat (5/4).   Airlangga menegaskan, kehadirannya ke dalam sidang sengketa Pilpres setelah mendapat panggilan dari MK. Ia menyatakan, kehadiran dirinya dalam kapasitasnya sebagai Menko Perekonomian, bukan sebagai Ketua Umum Partai Golkar.  

  "Pertama, saya hadir untuk perhitungan hasil pemilu presiden. Kedua, saya hadir sebagai Menko Perekonomian," ucap Airlangga.   "Jadi, pertanyaan terkait Golkar izin saya tidak jawab," tegasnya.   Namun, Airlangga memastikan bahwa bantuan sosial (bansos) yang disalurkan pemerintah bungkusnya tidak ada yang berwarna kuning, sebagaimana warna identik dengan Partai Golkar.   "Tetapi ada satu yang bisa saya pastikan bahwa bansos itu bungkusannya tidak ada yang berwarna kuning. Terima kasih," cetus Airlangga.   Mendengar pernyataan Airlangga, Ketua MK Suhartoyo lantas menanyakan apakah ada warna lainnya. "Kalau warna lain ada pak?," tanya Suhartoyo.   "Saya nggak tahu," pungkas Airlangga.   Sebagaimana diketahui, dalam sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2024 hari ini, MK menghadirkan empat menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka yakni, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #disinggung #suara #partai #golkar #melonjak #airlangga #saya #pastikan #bansos #bungkusnya #tidak #berwarna #kuning

KOMENTAR