Cuaca Besok - BMKG: DKI Jakarta dan 30 Wilayah Lainnya Berpotensi Hujan pada 5 April 2024
ilustrasi hujan - Sebanyak 33 wilayah di Indonesia berpotensi hujan pada Jumat, (5/4/2024) besok. 
14:25
4 April 2024

Cuaca Besok - BMKG: DKI Jakarta dan 30 Wilayah Lainnya Berpotensi Hujan pada 5 April 2024

- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca untuk Jumat, (5/4/2024) besok.

Sebanyak 33 wilayah di Indonesia berpotensi hujan yang dapat disertai angin kencang.

Di antaranya ada DKI Jakarta, Jawa hingga Bali.

Bibit Siklon Tropis 96S terpantau di Laut Sawu dengan kecepatan angin 20 knots (37 km/jam) dan tekanan udara minimum 1007 hPa. Bibit tersebut bergerak perlahan ke arah selatan – barat daya dengan potensi menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan masih Rendah, sementara 48-72 jam kedepan antara Sedang - Tinggi.

Bibit tersebut membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Laut Flores, di Bali, di NTB, di NTT, dan dari Samudra Hindia Selatan NTT hingga NTB serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Jawa, dan di Samudra Hindia Selatan Jawa.

Sirkulasi Siklonik terpantau berada di Laut Maluku, dan di Laut Arafuru yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Samudra Pasifik Utara Pulau Halmahera, dan Perairan Papua Selatan, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) dari Samudra Pasifik Utara Papua hingga Laut Sulawesi, dan di Teluk Cendrawasih Bagian Utara.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Pesisir Barat Thailand hingga Malaysia, Pesisir Barat Aceh hingga Bengkulu, di Samudra Hindia Barat Daya Lampung, di Laut Jawa, dari Sabah hingga Kalimantan Timur, dari Sulawesi Tengah Bagian Utara hingga Sulawesi Tenggara, dari Selat Makassar Bagian Selatan hingga Laut Flores, dan dari Teluk Cendrawasih hingga Papua Tengah.

Daerah konfluensi lain terpantau berada di Samudra Pasifik Timur Filipina hingga Filipina Bagian Selatan, dari Laut Cina Selatan, di Laut Jawa, dari Samudra Pasifik Utara Papua hingga Pulau Halmahera, dan dari Samudra Hindia Selatan NTT hingga Jawa Timur.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Peningkatan kecepatan angin hingga mencapai >25 knot terpantau di Filipina Bagian Selatan, di Laut Sulu, di Samudra Pasifik Utara Papua, dan di Samudra Hindia Selatan NTT hingga selatan Bali yang mampu meningkatkan potensi tinggi gelombang di perairan sekitar Papua, Papua barat dan Selatan Bali hingga NTT.

Kondisi Lokal/Mikro Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

  1. DKI Jakarta
  2. Papua Barat

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Kep. Riau
  6. Bengkulu
  7. Jambi
  8. Sumatera Selatan
  9. Kep. Bangka Belitung
  10. Lampung
  11. Banten
  12. Jawa Barat
  13. Jawa Tengah
  14. DI Yogyakarta
  15. Jawa Timur
  16. Bali
  17. Nusa Tenggara Barat
  18. Nusa Tenggara Timur
  19. Kalimantan Barat
  20. Kalimantan Tengah
  21. Kalimantan Utara
  22. Kalimantan Timur
  23. Kalimantan Selatan
  24. Sulawesi Utara
  25. Gorontalo
  26. Sulawesi Tengah
  27. Sulawesi Selatan
  28. Sulawesi Tenggara
  29. Maluku Utara
  30. Maluku
  31. Papua

(Tribunnews.com, Widya)

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #cuaca #besok #bmkg #jakarta #wilayah #lainnya #berpotensi #hujan #pada #april #2024

KOMENTAR