Panglima: Antisipasi Meledak Amunisi Sudah Dilakukan Ditaruh di Bunker Bawah Tanah
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi sejumlah para Perwira Tinggi TNI meninjau pasukan pada apel gelar kekuatan TNI untuk pengamanan Pemilu 2024 di Lapangan Taxy Way Echo Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (1/2/2024). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
13:40
31 Maret 2024

Panglima: Antisipasi Meledak Amunisi Sudah Dilakukan Ditaruh di Bunker Bawah Tanah

    - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi apabila terjadi ledakan di tempat penyimpanan amunisi di gudang munisi daerah (Gudmurah) milik Kodam Jaya di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Jawa Barat. Ia memastikan, penyimpanan itu terjadi di ruang tertutup, di bunker bawah tanah.   "Jadi memang tertutup, rapat di bunker. Memang antisipasi meledak itu sudah kita antisipasi, makanya kita buatnya di bunker bawa tanah dan dipake tanggul, sehingga aman kalau meledak," kata Jenderal Agus Subiyanto saat meninjau lokasi di Gudmurah milik Kodam Jaya di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Jawa Barat, Minggu (31/3).   Agus menjelaskan, amunisi yang meledak merupakan yang kedaluwarsa yang tersimpang di gudang nomor 6. Bahkan, di bunker penyimpanan itu tidak ada saluran listrik.  

  "Di dalam gudang itu nggak ada listrik, jadi memang steril, tidak ada listrik. Karena itu sangat sensitif," ucap Agus.   Ia mengungkapkan, terdapat 65 ton amunisi kedaluwarsa di Gudmurah milik Kodam Jaya. Ia mengungkapkan, ada berbagai ukuran amunisi yang kedaluwarsa itu.   Menurutnya, keseluruhan alat peledak itu memang sudah kedaluwarsa dan akan didisposal atau dimusnahkan pada lokasi khusus.   “Amunisi yang SOP-nya yang sudah expired itu dikembalikan ke Kodam Pamdam Jaya ini dikumpulkan untuk diperiksa lagi, diverifikasi, ada langkah langkah itu sampai dengan akhirnya didisposal. Disposal itu kita punya tempat,” papar Agus.   Meski demikian, puluhan ton amunisi itu meledak sebelum waktu disposal. Namun, Agus belum bisa merincikan berapa total kerugian akibat ledakan ini.   "Nanti kita sampaikan lebih lanjut," pungkasnya.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #panglima #antisipasi #meledak #amunisi #sudah #dilakukan #ditaruh #bunker #bawah #tanah

KOMENTAR