Jelang Lebaran Satgas Pangan Polri Waspadai Lonjakan Harga Beras dan Cabai di Babel
Satgas Pangan Polri melakukan pengawasan harga sembako jelang lebaran. [Dok. Polri]
18:32
27 Maret 2024

Jelang Lebaran Satgas Pangan Polri Waspadai Lonjakan Harga Beras dan Cabai di Babel

Satgas Pangan Polri melakukan pengawasan terhadap stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok penting jelang Lebaran Idul Fitri 2024 di Provinsi Bangka Belitung atau Babel.

Penyidik Madya Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri, Kombes Ahmad Yanuari Insan mengatakan ada beberapa bahan pokok penting yang harus diwaspadai ketersediaan dan harganya setiap hari besar keagamaan nasional (HBKN) di Provinsi Bangka Belitung. Beberapa bahan pokok penting tersebut di antaranya beras, cabai, bawang merah dan bawang putih.

“Yang harus diwaspadai untuk menstabilkan harga dan stok bapokting saat HBKN adalah beras, cabai, bawang merah, dan bawang putih,” kata Yanuari kepada wartawan Rabu, (27/3/2024).

Yanuari mengungkap alasan bahan pokok penting tersebut perlu diwaspadai ketersediaan dan harganya karena didatangkan dari luar daerah Kepulauan Bangka Belitung. Sehingga dikhawatirkan adanya kendala dalam proses pendistribusiannya.

Satgas Pangan Polri melakukan pengawasan harga sembako jelang lebaran. [Dok. Polri]Satgas Pangan Polri melakukan pengawasan harga sembako jelang lebaran. [Dok. Polri]

“Untuk itu pengusaha di bidang Bapokting berharap agar khusus bapok (bahan pokok) didahulukan untuk sandar kapal, supaya barang tidak membusuk atau mengalami penyusutan, dan dapat langsung didistribusikan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara dari hasil pengawasan Tim Satgas Pangan Polri, Yanuari memastikan 12 komoditi bahan pokok di pasar tradisional maupun ritel modern di Provinsi Bangka Belitung jelang lebaran aman.

Walaupun, kata Yanuari, sempat terjadi peningkatan harga cabai hingga mencapai Rp73.000 perkilogramnya.

“Saat ini sudah turun sebesar Rp23.000, dengan harga jual ke konsumen sekarang sebesar Rp50.000,” pungkasnya.

Editor: Erick Tanjung

Tag:  #jelang #lebaran #satgas #pangan #polri #waspadai #lonjakan #harga #beras #cabai #babel

KOMENTAR