Mudik Lebaran Masuk Musim Hujan, Polri Siapkan 112 Jalur Alternatif Antisipasi Jalan Terendam Banjir
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. 
22:19
25 Maret 2024

Mudik Lebaran Masuk Musim Hujan, Polri Siapkan 112 Jalur Alternatif Antisipasi Jalan Terendam Banjir

- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi hujan ringan hingga deras saat atus mudik Lebaran 2024 nantinya.

Terkait itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebut pihaknya sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi bencana banjir seperti yang terjadi di Demak, Jawa Tengah.

"Memang cuaca pada saat arus mudik itu kemungkinan ada yang masih hujan dengan intensitas sedang dan ada juga hujan besar hingga ringan," kata Sigit usai mengikuti Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024).

"Oleh karena itu, kita juga siapkan titik alternatif, ada 116 yang terdeteksi (berpotensi banjir) dan kita siapkan 112 titik alternatif," sambungnya

Namun, Sigit belum merinci jalur-jalur mudik yang berpotensi tergenang banjir. Dia hanya mengatakan pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Dan ini tentunya kita akan kita sosialisasikan hingga masyarakat bisa menyadari titik-titik yang terendam banjir," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah langkah mengantisipasi terjadinya banjir selama arus mudik Lebaran.

"Kami akan berkoordinasi dengan BNPB, PUPR dan BPBD untuk mencegah supaya tidak banjir dan juga kami siapkan teknologi modifikasi cuaca," kata Dwikorita.

Polri Siapkan Pompa Air Besar

Polri sendiri berencana untuk menggelar rapat koordinasi (rakor) pada Senin (25/3/2024) mendatang guna membahas langkah antisipasi khususnya untuk titik-titik yang rawan banjir.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut kolaborasi dengan stakeholder terkait diharapkan bisa mendapatkan jalan keluar atas masalah tersebut.

"Iya nanti pada rapat koordinasi 25 Maret, terkait dengan beberapa titik daerah yang ada banjir akan disiapkan, apakah buffer zone, kemudian apakah disiapkan juga dengan alternatif, tentu akan dibahas pada rapat-rapat pada rakor secara lebih komperhensif dan kolaborasi," kata Trunoyudo kepad wartawan, Rabu (20/3/2024).

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menuturkan masalah tersebut menjadi atensi pihaknya dengan harapan terciptanya kenyamanan bagi masyarakat yang akan mudik.

Sebelum itu, Korlantas Polri juga telah menyiapkan sejumlah formula untuk mengantisipasi gangguan saat masa mudik Lebaran.

Cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini hingga terjadinya banjir membuat Korps Bahayangkara menyiapkan pompa air.

"Polri menyediakan pompa air dengan kapasitas besar sehingga cepat menguras air yang berada di jalan tol. Seperti di Jawa Tengah nantinya akan mencari jalur alternatif dan kita mengawal mencari jalur-jalur alternatif, sehingga aktivitas masyarakat masih beraktivitas seperti biasa," ucap Trunoyudo, Selasa (19/3/2024).

Untuk informasi, berdasarkan hasil perkembangan kaji cepat oleh BPBD Provinsi Jawa Tengah, wilayah terdampak banjir di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah meliputi 6 desa 12 kelurahan di empat kecamatan pada pekan lalu.

Banjir yang terjadi sejak Rabu (13/3/2024) tersebut merupakan banjir kiriman dari hulu Sungai Lusi di wilayah timur.

Bahkan, hingga Sabtu (16/3/2024) kemarin, banjir yang melanda wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, tercatat kian meluas.

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #mudik #lebaran #masuk #musim #hujan #polri #siapkan #jalur #alternatif #antisipasi #jalan #terendam #banjir

KOMENTAR