Antisipasi Lonjakan Arus Mudik Lebaran, Polri Siapkan 155 Ribu Personel dan 5.784 Pos Pengamanan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024). [Suara.com/Yasir]
15:44
25 Maret 2024

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik Lebaran, Polri Siapkan 155 Ribu Personel dan 5.784 Pos Pengamanan

Polri menyiapkan 155.165 personel gabungan untuk mengamankan pelaksanaan mudik lebaran Idul Fitri 2024. Ratusan ribu personel tersebut tergabung dalam pasukan Operasi Ketupat 2024.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan Operasi Ketupat 2024 digelar selama 13 hari pada 4-16 April 2024.

"Sebelumnya juga didahului dengan KRYD dan nanti pasca operasi ketupat biasanya kita juga melaksanakan hal yang sama," kata Listyo usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024).

Selain itu, kata Listyo, pihaknya juga menyiapkan 5.784 pos pengamanan hingga pos pelayanan terpadu. Pos-pos ini didirikan di sekitar jalan tol, rest area, hingga jalan arteri.

"Termasuk jalur yang kita persiapkan untuk berikan pengamanan di wilayah wisata, ini juga kita persiapkan," katanya.

Listyo menambahkan pihaknya bersama stakeholder terkait juga telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi kemacetan selama masa mudik. Mengingat jumlah pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 193 juta atau meningkat sekitar 56 persen dari jumlah pemudik tahun lalu.

"Kita siapkan strategi terkait dengan rekayasa lalin yang akan dilaksanakan. Termasuk sebelumnya didahului dengan survei khususnya di jalur mulai dari Banten sampai Jawa Timur untuk mengetahui titik mana yang harus diperbaiki, karena terjadi kerusakan maupun jalur yang perlu ditambah dengan tanda atau marka jalan. Termasuk juga wilayah yang selama ini menjadi rawan laka," pungkasnya.

Editor: Erick Tanjung

Tag:  #antisipasi #lonjakan #arus #mudik #lebaran #polri #siapkan #ribu #personel #5784 #pengamanan

KOMENTAR