Meski Tak Lolos Parlemen, PPP Berani Ucapkan Selamat Buat Kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono. (Foto: Dok. Istimewa)
13:56
22 Maret 2024

Meski Tak Lolos Parlemen, PPP Berani Ucapkan Selamat Buat Kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres

Plt Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Mardiono menyampaikan ucapan selamat terhadap pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran yang dinyatakan menang oleh KPU RI di Pilpres 2024

Pernyataan itu disampaikan usai Mardiono dan jajarannya melakukan rapat pengurus harian DPP PPP ke-21 Kamis (21/3/2024) malam di Kantor DPP PPP, Jakarta Pusat. 

"Atas nama keluarga besar Partai Persatuan Pembangunan kami mengucapkan selamat kepada bapak H.Prabowo Subianto dan bapak Gibran Rakabuming Raka yang telah mendapatkan suara tertinggi hasil pemilihan presiden dan wakil presiden berdasarkan hasil rekapitulasi suara nasional Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia pada tanggal 20 Maret 2024," kata Mardiono di hadapan seluruh pengurus harian DPP PPP.  

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono usai melakukan Rapat Konsolidasi Ketua Umum Parpol Pengusung Ganjar Capres 2024, di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023). (dok. PPP)Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono usai melakukan Rapat Konsolidasi Ketua Umum Parpol Pengusung Ganjar Capres 2024, di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023). (dok. PPP)

Ia dan segenap keluarga besar partainya turut mendoakan agar hasil Pilpres 2024 tersebut adalah yang terbaik bagi Indonesia. 

Resmi Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK, 190 Pengacara Siap Bela Anies-Cak Imin

Lebih Satset Anies, Begini Alasan Ganjar Belum Gugat Hasil Pilpres ke MK

"Semoga hasil pemilihan Presiden dan Wakil Presiden ini merupakan yang terbaik untuk bangsa, negara dan rakyat Indonesia," tuturnya. 

Adapun dalam rapat kali ini juga pihaknya penyiapan dokumen gugatan hasil Pemilu 2024 yang di mana PPP dinyatakan tak lolos ke Parlemen. 

"Rapat pengurus harian ini merupakan bentuk konsolidasi internal serta finalisasi persiapan gugatan sengketa pemilu ke Mahkamah Konstitusi," pungkasnya. 

Tak Lolos Parlemen

Sebelumnya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) gagal lolos ke DPR RI. Partai yang dipimpin Muhamad Mardiono itu tidak mampu melampaui ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) 4 persen pada Pileg DPR RI 2024. 

Hal ini diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat nasional yang dilakukan KPU RI terhadap perolehan suara di 38 provinsi dan 128 wilayah luar negeri yang rampung pada Rabu (20/3/2024) malam. 

Plt Ketum PPP M Mardiono. [Suara.com/Bagaskara]Plt Ketum PPP M Mardiono. [Suara.com/Bagaskara]

Hasil rekapitulasi perolehan suara tingkat nasional menunjukkan PPP mendapatkan 5.878.777 suara dari total 84 daerah pemilihan (dapil). 

Dibandingkan dengan jumlah suara sah Pileg DPR RI 2024 di yang mencapai 151.796.630 suara, PPP hanya meraup 3.87 persen suara. 

Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu megatur bahwa partai politik yang gagal meraup sedikitnya 4 persen suara sah nasional tidak bisa mengonversi suaranya menjadi kursi di DPR RI. 

Perolehan suara ini akan menjadi pertama kalinya bagi partai yang dipimpin Mardiono tidak bisa lolos ke DPR RI.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #meski #lolos #parlemen #berani #ucapkan #selamat #buat #kemenangan #prabowo #gibran #pilpres

KOMENTAR