Duga Ada Penggelembungan Suara di Dapil II Jakarta Utara, Partai Demokrat Lapor ke Bawaslu
Massa yang tergabung dalam Gerakan Keadilan Rakyat melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Bawaslu RI Jl MH Thamrin Jakarta, Senin (19/2/2024). (MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)
22:24
12 Maret 2024

Duga Ada Penggelembungan Suara di Dapil II Jakarta Utara, Partai Demokrat Lapor ke Bawaslu

- Partai Demokrat resmi melaporkan dugaan penggelembungan suara di daerah pemilihan (Dapil) II Jakarta Utara ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dan Bawaslu DKI Jakarta. 

Saksi Partai Demokrat Jakarta Utara, Usman mengaku telah menyodorkan bukti lengkap dugaan penggelembungan suara itu ke Bawaslu.    “Kami sudah melaporkan dugaan penggelembungan suara di dapil 2 Jakarta Utara pada Bawaslu RI dan Bawaslu DKI,” ujar Usman kepada wartawan, Selasa (12/3).   Menurutnya, pelaporan penggelembungan suara itu dilayangkan Partai Demokrat ke Bawalsu DKI pada 10 Maret 2024 lalu. Sedangkan pelaporan ke Bawaslu RI telah dilakukan pada 8 Maret 2024.   “Untuk pelaporan yang dilakukan ke Bawaslu RI itu dilakukan atas nama Neneng Hasanah selaku caleg DPRD DKI Jakarta dapil 2 Jakarta Utara. Sementara DPD Partai Demokrat DKI melaporkan ke Bawaslu DKI,” jelas Usman   Lebih lanjut, ia memaparkan pelaporan yang dilakukan pada Bawaslu RI dan Bawaslu karena dua persoalan itu saling berkaitan.   DPD Partai Demokrat DKI Jakarta melaporkan ke Bawaslu DKI Jakarta dikarenakan adanya kerugian perolehan kursi di dapil 2 Jakarta Utara. Sementara, posisi Neneng Hasanah sebagai caleg merupakan pihak yang dirugikan.   "Dengan adanya dugaan penggelembungan suara itu, Neneng Hasanah sebagai caleg yang harusnya mendapatkan satu kursi menjadi tergeser dan tidak mendapatkan kursi,” ungkap Usman   Adapyj untuk bukti yang dilampirkan dalam laporan itu, Usman mengungkapkan pihaknya menyerahkan C1 hasil dari saksi-saksi tiap TPS dan D1 hasil PPK kecamatan Cilincing yang disandingkan dengan D1 hasil PPK kecamatan Cilincing versi kedua.   ”Kami optimis jika kotak suara dibuka dalam sidang Bawaslu, 100 persen kami yakin hak satu kursi Demokrat di dapil 2 akan kembali pada kami,” pungkasnya.

 

Editor: Dimas Ryandi

Tag:  #duga #penggelembungan #suara #dapil #jakarta #utara #partai #demokrat #lapor #bawaslu

KOMENTAR