Menlu Retno Marsudi Didatangi Ibu-ibu Sambil Menangis di Supermarket, Ternyata Ucapkan Hal Ini
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi berbicara di Mahkamah Internasional (ICJ) di Den Haag, Belanda, Jumat (23/2/2024). Retno Marsudi pernah didatangi seorang ibu sambil menangis di supermarket. [tangkap layar]
16:16
9 Maret 2024

Menlu Retno Marsudi Didatangi Ibu-ibu Sambil Menangis di Supermarket, Ternyata Ucapkan Hal Ini

Isu Palestina menjadi isu yang menjadi sorotan publik di tanah air. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengakui bahwa isu Palestina sangat dekat dengan masyarakat Indonesia.

Ia mencontohkan bagaimana begitu antusiasnya masyarakat Indonesia terhadap permasalahan Palestina sampai mendatangi dirinya.

Retno bercerita pernah belanja ke pasar lalu didatangi oleh seorang ibu sambil menangis. Ibu itu mengucapkan terima kasih ke Retno karena telah memperjuangkan Palestina.

Pernah juga kata Retno, di satu supermarket didatangi sekumpulan anak muda perempuan. Anak-anak itu langsung memegang tangannya sambil menangis mengucapkan terima kasih telah memperjuangkan isu Palestina.

"Saya sempat di satu supermarket ketemu ibu-ibu sudah sepuh pakai kursi roda didorong anaknya begitu lihat aku dia berusaha berdiri terus dia peluk aku. Dia bilang Bu Menlu saya doakan kuat ya. Aduh ini loh," kata Retno dikutip dari Youtube Najwa Shihab.

Dari situ Retno menyadari bahwa isu Palestina betul-betul ada di hati masyarakat Indonesia. Sejauh Retno mengatakan, Pemerintah RI sudah berbuat maksimal untuk Palestina.

Retno menuturkan, pihaknya sudah berbicara di International Court of Justice (ICJ) atau Mahkamah Internasional mengenai dosa-dosa Israel.

"Kita punya kesempatan bicara ICJ memberi masukan ke ICJ agar dapat memberikan rekomendasi ke majelis umum PBB," tuturnya.

Menurut Retno bukan perkara mudah berbicara di ICJ. Butuh persiapan begitu lama karena harus meminta pendapat ahli hukum internasional mengenai tindakan Israel.

"Pada saat bicara di depan Mahkamah Internasional, prosesnya lama banget mengumpulkan ahli hukum internasional. Sehingga bisa membuktikan apa yang dilakukan Israel itu ilegal dari pandangan hukum," ujarnya.

Editor: Wakos Reza Gautama

Tag:  #menlu #retno #marsudi #didatangi #sambil #menangis #supermarket #ternyata #ucapkan

KOMENTAR