Kaesang Pangarep: Masih Zaman Minta Proyek Sama Orang Tua di Pemerintahan? Ndeso!
Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep, Presiden Jokowi. (Instagram/@psi_id)
08:28
6 Maret 2024

Kaesang Pangarep: Masih Zaman Minta Proyek Sama Orang Tua di Pemerintahan? Ndeso!

Beredar video lawas ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang menyindir oknum-oknum generasi muda lantaran meminta proyek karena memiliki orang tua di pemerintahan.

Pada video yang viral itu, Kaesang menyebut bahwa mereka yang masih mengharapkan proyek karena orang tua duduk sebagai pejabat di pemerintahan sebagai 'ndeso'.

"Emang masih zaman minta proyek sama orang tua yang di pemerintahan? dasar ndeso," ucap Kaesang seperti dilihat dari video unggahan akun Instagram @kabar.1ndonesia, Rabu (6/3).

Kaesang juga menyindir soal latar belakang pendidikan luar negeri jika hanya mengharapkan proyek dari orang tua di pemerintahan.

"Malu dong sama embel-embel gelar yang kalian dapat dari kuliah, apalagi kuliahnya di luar negeri," ucap adik dari Gibran Rakabuming Raka itu.

"Balik ke Indonesia, bukannya membangun Indonesia untuk lebih baik malah ngehancurin, dasar ndeso," tambah anak bungsu Presiden Jokowi tersebut.

"Katanya mau berbakti kepada nusa dan bangsa, tapi yang ada apa malah ngehancurin semuanya, dasar ndeso," sambungnya lagi.

Video ini sendiri setelah ditelusuri memang miliki dari Kaesang. Video tersebut ditayangkan Kaesang di akun Youtube miliknya pada 27 Mei 2017.

Kaesang saat itu memberikan judul pada video itu, #BapakMintaProyek. Di video tersebut, di awal tampak Kaesang merayu bapaknya untuk mendapatkan proyek.

Namun di video itu, bapak Kaesang bukan Jokowi melainkan ia perankan sendiri. "Halo Bapak, Bapak! Mbok Kaesang minta proyek triliunan yang ada di pemerintah," kata Kaesang di awal video.

Video itu sepintas seperti kritikan dengan gaya komedi. Terlihat dalam video, sosok bapak sempat berikan pesan dengan gaya serius namu isinya komedi. "Bapak minta pulsa ya. Pulsa bapak habis."

"Opo to Pak, Pak? Nggak cetho (Apaan sih, Pak? Nggak jelas)," tanggap Kaesang mendengar pesan bapaknya itu.

Baca juga: 

Di video yang sama, Kaesang juga sempat membahas perihal intoleransi. Di video itu, Kaesang menampikan potongan klip pawai anak-anak yang meneriakkan pembunuhan terhadap seseorang.

"Bunuh, bunuh, bunuh si Ahok. Bunuh si Ahok sekarang juga!" begitu kata anak-anak yang pawai di video itu.

Kaesang memberi penjelasan bahwa dirinya bukan bermaksud membela Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Namun dirinya tak habis pikir bagaimana bisa anak seusia mereka bersikap dan berucap demikian.

"Sangat disayangkan kenapa anak kecil seperti mereka itu sudah belajar untuk menyebarkan kebencian. Apaan coba itu? Dasar ndeso! Ini ajaranya siapa coba? Dasar ndeso. Ndak jelas banget," ucapnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #kaesang #pangarep #masih #zaman #minta #proyek #sama #orang #pemerintahan #ndeso

KOMENTAR