Cek Syarat Pendaftaran! Kemenhub Sediakan 18 Stasiun KA yang Layani Mudik Motor Gratis saat Idul Fitri 2024
Pendaftaran layanan mudik motor gratis akan dibuka mulai 4 April 2024. (ISTIMEWA/RADAR SURABAYA)
12:16
2 Maret 2024

Cek Syarat Pendaftaran! Kemenhub Sediakan 18 Stasiun KA yang Layani Mudik Motor Gratis saat Idul Fitri 2024

 

Kabar gembira bagi para pemudik di hari Raya Idul Fitri 2024, pasalnya Kementerian Perhubungan (kemeenhub) kembali menyediakan layanan mudik gratis.   Khusus bagi kamu yang ingin mudik ke kampung halaman dengan membawa motor, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan fasilitas tersebut bagi para pemudik secara gratis.   Pasalnya, melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Kemenhub akan menyiapkan 18 stasiun kereta api (KA) untuk melayani mudik gratis saat hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.   "Secara keseluruhan ada 18 stasiun untuk lokasi pendaftarannya," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar di Jakarta dikutip dari Antara.   Ke-18 stasiun tersebut yakni Stasiun Cilegon, Jakarta Gudang, Tanggerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong, dan Kebumen.   Meskipun sudah menyiapkan 18 stasiun kereta api, Arif mengatakan bahwa masyarakat juga bisa berangkat dari Stasiun Pasar Senen. Namun, motor penumpang akan dikirim melalui Stasiun Jakarta Gudang.  

  "Motornya tetap dikirim ke Jakarta Gudang, jadi jika ada yang berangkat dari Jakarta baik lintas selatan maupun lintas tengah motornya nanti bisa dikirim ke Jakarta Gudang, orangnya nanti bisa naik melalui Stasiun Pasar Senen," ujarnya.   Melansir dari Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Sabtu (2/3), Arif mengatakan kepada masyarakat yang ingin membawa motor saat mudik melalui transportasi kereta api bisa mendaftar di semua stasiun tersebut.   Namun, untuk kendaraan akan dibawa terlebih dahulu ke Stasiun Jakarta Gudang oleh pihak kereta api. Di mana semua motor yang didaftarkan layanan mudik gratis Kemenhub akan dikumpulkan di Stasiun Jakarta Gudang.   Di stasiun tersebut motor akan diangkut menggunakan kereta barang menuju daerah tujuan pemilik kendaraan. Arif juga mengatakan bahwa pada saat pendaftaran, motor akan diverifikasi dan dipasang barcode, kemudian akan dipindai oleh pemiliknya.   Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah pemberitahuan kepada pemilik melalui pesan seluler ataupun WhatsApp, jika kendaraan tersebut telah sampai di stasiun yang dituju.  

  Namun, dirinya menegaskan bahwa orang yang bisa menumpangi kereta hanya dua orang dari motor yang akan diangkut, yakni orang yang membawa dan satu lagi yang dibonceng.   Apabila lebih dari itu, akan diperbolehkan, tetapi dengan catatan orang ketiga merupakan anak di bawah usia dua tahun. Selain secara langsung, Arif menyampaikan bahwa masyarakat bisa mendaftar melalui website resmi di mudikgratis.dephub.go.id.   Sedangkan untuk persyaratan yang diperlukan yakni KTP, SIM yang masih berlaku, kartu keluarga serta STNK yang juga masih berlaku atau tidak mati pajak, serta besaran motor kurang dari 200 cc.   Selain itu, setiap orang yang membawa motor diwajibkan nama yang tercantum di STNK sama dengan nama KTP atau di dalam kartu keluarga yang dibawa.   Kemenhub memberikan layanan mudik motor gratis pada lebaran 2024. Namun, bagi penumpang akan dikenakan tarif mulai dari Rp 10.000 jika perjalanannya di bawah 290 kilometer dan Rp 20.000 jika melebihi jarak tersebut.   Kemenhub akan mulai membuka pendaftaran layanan tersebut sejak Senin 4 April dan akan melakukan pengangkutan kendaraan mudik motor gratis mulai 2-8 April. Sedangkan untuk pengangkutan arus balik dilakukan pada 13-19 April 2024.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #syarat #pendaftarankemenhub #sediakan #stasiun #yang #layani #mudik #motor #gratis #saat #idul #fitri #2024

KOMENTAR