Airlangga Tunjuk Tangerang Jadi Percontohan Makan Gratis Padahal Belum Ada Pemenang Pilpres, Nggak Bahaya Tah?
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/2/2024). ANTARA/Yashinta Difa
14:00
1 Maret 2024

Airlangga Tunjuk Tangerang Jadi Percontohan Makan Gratis Padahal Belum Ada Pemenang Pilpres, Nggak Bahaya Tah?

Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto menujuk salah satu sekolah di Kabupaten Tangerang, Banten menjadi percontohan implementasi makan gratis dengan istilah Siswa Indonesia Sehat, Terampil dan Sejahtera (SISTARA).

Sekolah yang ditunjuk sebagai percontohan makan gratis itu adalah SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten. Dalam agenda tersebut Airlangga Hartanto tampak didampingi Pj Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono.

Menurut Airlangga Hartarto, Kabupaten Tangerang merupakan wilayah yang terbilang ideal untuk percontohan makan gratis nasional program SISTARA.

Kata dia, tipologi sekolah di Kabupaten Tangerang telah mencakup dan menggambarkan seluruh kondisi sekolah secara nasional.

"Saya bersyukur dan senang dengan adanya simulasi program ini karena Kabupaten Tangerang ini punya sekolah dengan 3 tipologi nasional, yaitu perkotaan, perdesaan dan pesisir sehingga ini ideal untuk piloting percobaan," kata Airlangga tertulis dalam rilis Pemkab Tangerang.

Airlangga mengungkapkan, pemberian nutrisi kepada para siswa harus mencakup gizi yang cukup, baik kalori protein dan nutrisi lainnya secara berimbang.

Kabupaten Tangerang menjadi percontohan implementasi program makan gratis dengan istilah Siswa Indonesia Sehat, Terampil dan Sejahtera (SISTARA). [Dok Pemkab Tangerang]Airlangga Hartanto menunjuk Kabupaten Tangerang menjadi percontohan implementasi program makan gratis dengan istilah Siswa Indonesia Sehat, Terampil dan Sejahtera (SISTARA). [Dok Pemkab Tangerang]

Airlangga berharap, dengan adanya program makan gratis tersebut bisa mengembangkan UMKM yang ada di sekitar sekolah.

"Ini merupakan pilot project yang baik di mana sekolah bisa ikut menjaga gizi dan kehigienisan siswa. Adanya kantin sehat yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang di SMK Negeri 2 Curug Kabupaten Tangerang merupakan kolaborasi yang baik dan bisa mengembangkan UMKM sekitar," paparnya

Sementara itu, dalam sambutannya, Pj Bupati Tangerang mengapresiasi Pemerintah Pusat yang telah memilih Kabupaten Tangerang sebagai lokasi percontohan program SISTARA.

Kata dia, program ini memberikan makanan bergizi dan berimbang kepada para siswa SMP sebagai pondasi untuk membangun kesehatan fisik dan mental.

Menurutnya, program tersebut juga dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan bangsa ke depan.

"Kami sampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di Kabupaten Tangerang khususnya di SMP 2 Negeri Curug yang jadi pilot project implementasi program SISTARA melalui pemberian makanan bergizi dan berimbang kepada siswa SMP," ungkap Pj Bupati Andi Ony.

Andi Ony pun menyambut baik dan siap mendukung penuh implementasi program SISTARA sebagai upaya awal dan komitmen bersama dalam membentuk generasi bangsa yang sehat terampil dan sejahtera menuju Indonesia emas 2045.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Tangerang, kami menyambut baik dan siap untuk berkolaborasi dengan pemerintah pusat untuk mendukung program ini yang tujuannya tidak lain adalah untuk menyiapkan generasi-generasi penerus yang sehat terampil dan sejahtera," ucapnya

Selain dihadiri oleh Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Pj Bupati Tangerang Andi Ony, acara percontohan implementasi program SISTARA tersebut juga dihadiri oleh Bupati Tangerang periode 2013-2023 Ahmed Zaki Iskandar dan para pejabat, baik dari kementerian maupun dari Pemkab Tangerang.

Di sisi lain, program SISTARA yang didalamnya terdapat makan gratis secara tidak langsung ada kemiripan dengan program Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran).

Salah satu Program yang gencar digembar-gemborkan Prabowo-Gibran yakni pragoram 'Makan Siang Gratis'. Belum diketahui secara pasti program makan gratis implementasi program SISTARA itu berkaitan dengan program Prabowo-Gibran atau tidak.

Namun, jika mengacu Pilpres 2024 yang hingga kini masih dalam proses perhitungan suara dan belum ada penetapan pemenang Pilpres 2024, meskipun jika melihat dari data realcount laman KPU RI pemilu2024.kpu.go.id paslon Prabowo-Gibran menempati posisi puncak dengan perolehan suara 58,83 persen.

Diikuti paslon Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan perolehan suara sebasar 24,49 persen. Kemudian, pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) dengan perolehan suara 16,68 persen.

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #airlangga #tunjuk #tangerang #jadi #percontohan #makan #gratis #padahal #belum #pemenang #pilpres #nggak #bahaya

KOMENTAR