Luhut Ungkap Alasan Prabowo Pilih Lembah Tidar Akmil Magelang jadi Lokasi Retreat Menteri dan Wamen Kabinet Merah Putih
Ketua Dewan Ekonomi Nasional (DEN), Luhut Binsar Pandjaitan. (IG Luhut Binsar Pandjaitan)
11:32
27 Oktober 2024

Luhut Ungkap Alasan Prabowo Pilih Lembah Tidar Akmil Magelang jadi Lokasi Retreat Menteri dan Wamen Kabinet Merah Putih

- Ketua Dewan Ekonomi Nasional (DEN), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan alasan dipilihnya Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah sebagai lokasi pembekalan atau retreat Menteri dan Wakil Menteri (Wamen) Kabinet Merah Putih.   Menurutnya, Lembah Tidar Akmil Magelang memiliki nilai historis dan simbolis sebagai kawah candradimuka para perwira TNI. Di lokasi itu pula merupakan tempat ditempanya semangat kebersamaan hingga kesetiaan kepada bangsa dan negara.   "Mengetahui kegiatan ini akan diselenggarakan di Lembah Tidar, saya sudah memahami alasan Presiden @prabowo memilih tempat tersebut. Tempat ini memiliki nilai historis dan simbolis sebagai kawah candradimuka bagi para perwira TNI," kata Luhut dalam akun Instagram pribadinya, dikutip Minggu (27/10).  

  "Kami ditempa dengan semangat kebersamaan, dedikasi, dan kesetiaan mutlak kepada bangsa dan negara," sambungnya.   Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pemilihan lokasi Lembah Tidar ini sejalan dengan keinginan Presiden Prabowo Subianto untuk menjadikan para menteri, wamen dan kepala lembaga lainnya memiliki karakter khusus.   Mulai dari karakter yang tanggap hingga trengginas. Serta tak gentar untuk menghadapi tekanan selama periode penugasan tahun 2024-2029.   "Beliau ingin agar para menteri dan pembantunya di pemerintahan, punya karakter Tanggap, Tanggon, Trengginas, setia kepada tanah air dan bangsa, serta tak gentar terhadap tekanan apapun dan bagaimanapun yang kelak hadir di masa penugasan kami," ujarnya.  

  Untuk diketahui, retret Kabinet Merah Putih digelar di Lembah Tidar, Magelang pada Kamis (24/10). Seluruh menteri, wakil menteri hingga kepala lembaga digembleng oleh materi dan berbagai kegiatan sejak Kamis-Sabtu, 24-26 Oktober 2024.   Adapun pada pagi hari ini, Minggu (27/10) dipastikan kegiatan pembekalan sudah berakhi. Seluruh jajaran Kabinet Merah Putih meninggalkan Akmil Magelang untuk bertolak ke Jakarta.    Dalam agenda kepulangan ini, para wakil menteri dijadwalkan akan berangkat ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dari Bandara Adi Sucipto, Jogjakarta menggunakan pesawat hercules milik TNI AU. Sedangkan, para menteri menggunakan pesawat komersial.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #luhut #ungkap #alasan #prabowo #pilih #lembah #tidar #akmil #magelang #jadi #lokasi #retreat #menteri #wamen #kabinet #merah #putih

KOMENTAR