Cara Tak Lazim Membangunkan Menteri yang Ikut Pembekalan di Magelang, Jam 04.00 Sudah Harus Melek
Para anggota Kabinet Merah Putih mulai mengikuti kegiatan retreat di Kawasan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). Ada cara yang tak lazim dilakukan untuk membangunkan menteri, wakil menteri, Kepala dan Wakil Kepala Badan, utusan khusus Presiden, hingga Penasihat Khusus Presiden. 
16:54
25 Oktober 2024

Cara Tak Lazim Membangunkan Menteri yang Ikut Pembekalan di Magelang, Jam 04.00 Sudah Harus Melek

Para anggota Kabinet Merah Putih mulai mengikuti kegiatan retreat di Kawasan Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).

Para menteri, wakil menteri, Kepala dan Wakil Kepala Badan, utusan khusus Presiden, hingga Penasihat Khusus Presiden menjalani latihan baris-berbaris di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, pada pagi hari.

Bahkan, ada cara yang tak lazim dilakukan untuk membangunkan menteri, wakil menteri, Kepala dan Wakil Kepala Badan, utusan khusus Presiden, hingga Penasihat Khusus Presiden.

Selain itu, para menteri, wakil menteri, Kepala dan Wakil Kepala Badan, utusan khusus Presiden, hingga Penasihat Khusus Presiden juga harus sudah bangun pukul 04.00 WIB.

Dibangunkan oleh Suara Trompet

Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya Sugiarto mengungkapkan, ia mendengar suara trompet yang menandakan waktu untuk memulai aktivitas. 

"Ada suara trompet sepertinya. Iya (sebagai tanda untuk mulai beraktivitas)," kata Bima seperti dikutip dari Kompas.com. 

Bima menjelaskan, seluruh jajaran Kabinet Merah Putih bergerak ke lapangan untuk melakukan senam pagi pada pukul 05.00 WIB.

Sebagian dari mereka juga melaksanakan salat subuh berjemaah. 


"Sebagian saalat subuh berjemaah. Yang lain jam 05.00 WIB langsung bergerak ke lapangan untuk senam pagi," ujarnya.

Pukul 04.00 WIB Harus Melek

Sebelum mengikuti kegiatan retreat di Kawasan Akademi Militer, Magelang, Jumat (25/10/2024), para anggota Kabinet Merah Putih sudah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing.

Pada pukul 05.15, mereka sudah berkumpul di Lapangan Sapta Marga.

Para menteri, wakil menteri, Kepala dan Wakil Kepala Badan, utusan khusus Presiden, hingga Penasihat Khusus Presiden menjalani latihan baris-berbaris di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, pagi hari.

"Yang mengagetkan adalah ketika para anggota kabinet tiba di lapangan, Presiden Prabowo Subianto ternyata menjadi orang pertama terlebih dahulu hadir di lapangan. Presiden Prabowo memberikan contoh teladan sebagai pemimpin yang disiplin," ujar Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi.

Kegiatan diawali dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh para pelatih dari Akademi Militer Magelang

Setelah berolahraga selama sekitar 30 menit, kegiatan dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris.

Para Menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, hingga Penasihat Khusus Presiden dibagi ke dalam lima kelompok. 

Di setiap kelompok, disediakan masing-masing tiga pelatih baris-berbaris. 

Presiden Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta Panglima TNI dan Kapolri juga turut serta dalam latihan tersebut. 

Jenderal (Purn) Wiranto juga mengikuti latihan bersama para anggota kabinet.

Materi Pembekalan

Hari ini kegiatan pembekalan dibuka langsung oleh Presiden Prabowo Subianto.

"Presiden Prabowo dijadwalkan membuka langsung Retreat Kabinet Merah Putih. Para menteri Kabinet Merah Putih juga akan menerima pembekalan sejumlah materi," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

Dalam kegiatan ini, para menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, Utusan Khusus, dan Staf Khusus Presiden akan mendapatkan gemblengan berupa materi tentang bernegara dan pemerintahan, termasuk materi penting soal pencegahan korupsi.

Selain mendapatkan berbagai materi tentang pemerintahan, para peserta retreat juga memiliki waktu untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri.

"Sebab Presiden Prabowo dalam arahannya meminta seluruh anggota kabinet bersatu, membangun sebuah super team total football yang siap menjalankan pemerintahan," ujar Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi.

Hal itu kata Hasan Nasbi, sesuai keinginan Presiden Prabowo untuk membentuk tim super dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Sebab Presiden Prabowo dalam arahannya meminta seluruh anggota kabinet bersatu, membangun sebuah super team total football yang siap menjalankan pemerintahan," ungkapnya. 

 

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #cara #lazim #membangunkan #menteri #yang #ikut #pembekalan #magelang #0400 #sudah #harus #melek

KOMENTAR