Prabowo Tegaskan Pembekalan di Akmil Bukan Latihan Kemiliteran, Para Menteri Dibangunkan Jam 04.00
Para anggota Kabinet Merah Putih mulai mengikuti kegiatan retreat di Kawasan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). 
09:22
25 Oktober 2024

Prabowo Tegaskan Pembekalan di Akmil Bukan Latihan Kemiliteran, Para Menteri Dibangunkan Jam 04.00

- Para menteri, wakil menteri, Kepala dan Wakil Kepala Badan, utusan khusus Presiden, hingga Penasihat Khusus Presiden menjalani latihan baris-berbaris di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, Jumat (25/10/2024) pagi.

Bahkan Presiden Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta Panglima TNI dan Kapolri juga turut serta dalam latihan tersebut. 

Jenderal (Purn) Wiranto juga mengikuti latihan bersama para anggota kabinet.

Presiden Prabowo mengatakan bahwa latihan ini bukan latihan kemiliteran, melainkan untuk menyamakan frekuensi dan gerak langkah sebagai pemerintah.

"Kita harus bergerak seirama dengan tujuan yang sama. Pemerintah itu tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan sebagai tim," ujar Prabowo dikutip dari keterangan Kantor Komunikasi Kepresidenan.

Presiden Prabowo juga menambahkan bahwa kerja sama tim terbaik dapat dilihat dari sepakbola, di mana semua pemain harus memiliki keyakinan dan tujuan yang sama. 

Tim Kabinet Merah Putih juga harus menyadari bahwa mereka berkompetisi dengan negara-negara lain.


Presiden, Wakil Presiden, dan anggota kabinet melaksanakan kegiatan ini dengan mengenakan pakaian lapangan Komponen Cadangan (Komcad). 

Presiden menekankan bahwa sistem pertahanan terbaik adalah Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, di mana setiap warga negara harus siap sedia membela negaranya.

Menteri Dibangunkan Jam 04.00

Sebelum mengukuti kegiatan retreat di Kawasan Akademi Militer, Magelang, Jumat (25/10/2024), para anggota Kabinet Merah Putih sudah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing.

Pada pukul 05.15, mereka sudah berkumpul di Lapangan Sapta Marga.

Para menteri, wakil menteri, Kepala dan Wakil Kepala Badan, utusan khusus Presiden, hingga Penasihat Khusus Presiden menjalani latihan baris-berbaris di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, pagi hari.

Para Menteri Kabinet Merah Putih akan mulai mengikuti retreat di Kawasan Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024). Para Menteri Kabinet Merah Putih akan mulai mengikuti retreat di Kawasan Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024). (Instagram Diaz Hendropriyono)

"Yang mengagetkan adalah ketika para anggota kabinet tiba di lapangan, Presiden Prabowo Subianto ternyata menjadi orang pertama terlebih dahulu hadir di lapangan. Presiden Prabowo memberikan contoh teladan sebagai pemimpin yang disiplin," ujar Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi.

Kegiatan diawali dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh para pelatih dari Akademi Militer Magelang. 

Setelah berolahraga selama sekitar 30 menit, kegiatan dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris.

Para Menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, hingga Penasihat Khusus Presiden dibagi ke dalam lima kelompok. 

Di setiap kelompok, disediakan masing-masing tiga pelatih baris-berbaris. 

Presiden Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta Panglima TNI dan Kapolri juga turut serta dalam latihan tersebut. 

Jenderal (Purn) Wiranto juga mengikuti latihan bersama para anggota kabinet.

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #prabowo #tegaskan #pembekalan #akmil #bukan #latihan #kemiliteran #para #menteri #dibangunkan #0400

KOMENTAR