Pertama Dalam Sejarah, TNI AL Latihan Perang Bersama Angkatan Laut Rusia di Surabaya
Beberapa kapal perang yang disiapkan untuk terlibat dalam Latma Orruda 2024. (Dok. TNI AL)
19:48
23 Oktober 2024

Pertama Dalam Sejarah, TNI AL Latihan Perang Bersama Angkatan Laut Rusia di Surabaya

Untuk pertama kalinya dalam sejarah TNI AL, mereka akan melaksanakan latihan bersama Russian Navy atau Angkatan Laut Rusia di wilayah Komando Armada (Koarmada) II yang bermarkas di Surabaya, Jawa Timur. Latihan Bersama (Latma) dengan sandi Orruda 2024 itu akan berlangsung pada 4-8 November 2024. 

Melalui keterangan resminya pada Rabu (23/10), Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) menyampaikan bahwa Latma Orruda 2024 merupakan agenda bilateral antara TNI AL dengan Russian Navy. Mereka mengakui bahwa itu menjadi latihan bersama pertama yang melibatkan Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut Rusia. 

”Latma Orruda 2024 merupakan hasil kesepakatan pada pertemuan Navy to Navy Talks (NTNT) pertama pada 2018 antara TNI AL dengan Russian Navy. Nama Orruda adalah kombinasi dari simbol nasional kedua negara, yaitu Orel (Elang Rusia) dan Garuda (Indonesia),” ungkap TNI AL dalam keterangan resmi yang mereka sampaikan kepada awak media. 

TNI AL menyampaikan bahwa Latma Orruda 2024 merupakan latihan Operasi Militer Perang (OMP) yang terbagi atas dua phase. Yakni Harbor Phase dan Sea Phase. Dalam latihan tersebut, TNI AL mengerahkan beberapa kapal perang. Yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan KRI Frans Kaisiepo-368. Selain itu, turut dilibatkan pada latihan tersebut Helikopter AS 565 MBE. 

Sementara itu, Angkatan Laut Rusia berniat mengerahkan kapal perang Corvet Class seperti RF Soversheny, RF Gromky, dan RF Aldar Tsydenzhapov. Tidak hanya itu, mereka berniat menurunkan Medium Tanker Ship, Helikopter KA-27, dan Tug Salvage Alatau.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL agar senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan. ”Serta mempersiapkan dengan matang latihan bersama yang akan digelar bersama negara-negara sahabat agar berjalan sesuai rencana,” pesan Ali. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #pertama #dalam #sejarah #latihan #perang #bersama #angkatan #laut #rusia #surabaya

KOMENTAR