Tanggapan Politikus PDIP, PKS, dan Demokrat usai AHY Dilantik Jokowi Jadi Menteri ATR/BPN
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). Sejumlah politikus memberi tanggapannya terkait pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN. 
18:01
21 Februari 2024

Tanggapan Politikus PDIP, PKS, dan Demokrat usai AHY Dilantik Jokowi Jadi Menteri ATR/BPN

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Presiden Jokowi juga melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pelantikan AHY dan Hadi Tjahjanto dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Pelantikan para menteri sisa masa jabatan periode 2019-2024 ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34/PTahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Keppres tersebut ditetapkan oleh Presiden Jokowi di Jakarta pada 20 Februari 2024.

Dalam pelantikan itu, Presiden Jokowi memimpin pengucapan sumpah jabatan para menteri.

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Sejumlah politikus diketahui telah memberi tanggapannya terkait pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN.

Dirangkum Tribunnews.com, berikut tanggapan politisi soal AHY yang dilantik Jokowi menjadi Menteri ATR/BPN:

PDIP

Wakil Ketua Komisi II DPR fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Junimart Girsang, menyebut penunjukan AHY sebagai menteri sah-sah saja.

Sebab, menurutnya, penunjukan itu merupakan hak prerogatif presiden.

"Ya sah-sah saja kan hak prerogatif presiden untuk menunjuk dan menempatkan pembantunya dalam menjalankan roda pemerintahan ini," ujarnya kepada wartawan, Rabu.

"Kami mengawal pemerintahan selama ini sesuai aturan. Itu komitmen partai kami. Pemerintahan untuk rakyat," lanjutnya.

Meski begitu, Junimart mengatakan, AHY harus paham tata kelola pertanahan dan tata ruang.

Ia pun meminta AHY melakukan pembenahan internal agar kinerja Kementerian ATR semakin baik ke depan.

"Sebagaimana kita tahu carut marut masalah pertanahan di Indonesia sangat kompleks beririsan dengan kepentingan hak atas tanah masyarakat," imbuhnya.

PKS

Anggota Komisi II DPR RI fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, mengucapkan selamat atas pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN.

"Welcome to the jungle, Mas AHY," ungkap Mardani kepada Tribunnews.com, Rabu.

Mardani juga meminta AHY untuk membereskan masalah tanah di Indonesia, termasuk menuntaskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Kita bereskan urusan paling utama di negeri ini, masalah tanah."

"Bukan hanya target pemetaan 126 juta bidang yang mesti registered, tapi menuntaskan PTSL dan juga membereskan organisasi internal ATR/BPN," katanya.

"Karena waktunya pendek, jadi tantangan Mas AHY berprestasi dalam 100 hari," jelas Mardani Ali Sera.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Menteri ATR/BPN dan Hadi Tjahjanto Menko Polhukam dilantik menjadi menteri di Istana, Rabu (21/2/2024). Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Menteri ATR/BPN dan Hadi Tjahjanto Menko Polhukam dilantik menjadi menteri di Istana, Rabu (21/2/2024). (Tribunnews.com/Taufik Ismail)

Partai Demokrat

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), yakin AHY mampu merampungkan program pemerintahan Presiden Jokowi di Kementerian ATR/BPN.

Ibas diketahui turut hadir dalam pelantikan AHY di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

"Saya yakin Mas AHY juga akan terus beradaptasi sebaik-baiknya, mempelajari hal yang telah dilakukan, yang baik selama ini ada di Kementerian ATR/BPN sekaligus merampungkan program hingga akhir periode Jokowi," ungkapnya, Rabu.

Menurut Ibas, penunjukan AHY masuk ke pemerintahan Jokowi perlu disambut dengan kebahagiaan.

"Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Mas AHY."

"Pada masa ini semoga menjadi kebahagiaan kami dan pasti Demokrat tentunya juga bergembira bahwa kader tebaiknya hari ini telah diberikan kepercayaan dan ini adalah tugas negara yang harus dijalankan sebaik-baiknya," papar Ibas.

Sebagai informasi, turut hadir dalam pelantikan AHY dan Hadi Tjahjanto yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Mendagri Tito Karnavian, Menkominfo Budi Arie, Menteri PAN/RB Azwar Anas, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Selain itu, hadir Ketua Umum Gerinda yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Perekonomian yang juga Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Menteri Koordinator bidang Marinves Luhut Binsar Pandjaitan.

Hadir pula Wakil Ketua MPR Yandri Susanto, Fadel Muhammad, Syarif Hasan, dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

(Tribunnews.com/Nuryanti/Taufik Ismail/Fersianus Waku/Rina Ayu Panca Rini)

Berita lain terkait Reshuffle Kabinet

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #tanggapan #politikus #pdip #demokrat #usai #dilantik #jokowi #jadi #menteri #atrbpn

KOMENTAR