Jadi Anak Baru di Kabinet, AHY Minta Izin ke Jokowi Lakukan Hal Ini di Istana Negara
Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY usai dilantik sebagai Menteri ATR/BPN oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Suara.com/Novian)
15:00
21 Februari 2024

Jadi Anak Baru di Kabinet, AHY Minta Izin ke Jokowi Lakukan Hal Ini di Istana Negara

Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY terlihat duduk lesehan bareng sejumlah menteri lain di karpet merah di lantai Istana Negara, Rabu (21/2/2024). Aksi tersebut dilakukan AHY usai dirinya dilantik menjadi Menteri ATR BPN oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pantauan di Istana Negara, momen lesehan AHY bersama sejumlah menteri itu dilakukan saat sesi foto bersama dengan awak media usai pelantikan.

Selain AHY, Hadi Tjahjanto yang juga usai dilantik sebagai Menko Polhukam turut duduk lesehaan bersama AHY. Mensesneg Pratikno dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga ikut serta.

Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berfoto bersama wartawan usai dilantik sebagai Menteri ATR/BPN oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Suara.com/Novian)Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berfoto bersama wartawan usai dilantik sebagai Menteri ATR/BPN oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Suara.com/Novian)

Sebelumnya, tanpa AHY, ketiga menteri sudah lebih dulu duduk lesehan. AHY sendiri masih bersama Presiden Jokowi yang berada di sisi depan tiga menteri dan awak media.

Tidak lama setelahnya, AHY kemudian menghampiri ketiga menteri dan awak media yang bersiap melakukan sesi foto.

Sebelum menghampiri awak media, AHY yang sedang bersama Jokowi terlihat memberikan gestur seraya meminta izin untuk melipir sebentar melakukan sesi foto.

Kepada Jokowi, AHY memberikan gestur salam hormat sembari membungkukkan sedikit tubuhnya.

Selesai sesi foto, menteri-menteri tersebut bersama AHY berjalan ke arah Jokowi. Adapun Jokowi pada akhirnya juga menghampiri awak media yang meminta waktu untuk wawancara usai pelantikan.

Jokowi Tak Ragu Pilih AHY

Presiden Joko Widodo atau Jokowi diapit Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan Menko Polhukam Hadi Tjahjanto usai proses pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Suara.com/Novian)Presiden Joko Widodo atau Jokowi diapit Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan Menko Polhukam Hadi Tjahjanto usai proses pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Suara.com/Novian)

Presiden Joko Widodo menyebutkan sejumlah riwayat pendidikan Agus Harimurti Yudhoyono usai melantik Ketua Umum Partai Demokrat itu menjadi Menteri ATR/BPN.

Penyebutan riwayat pendidikan AHY diucapkan Jokowi menanggapi pertanyaan apakah presiden berkoordinasi lebih dulu dengan PDIP ketika memasukan Partai Demokrat ke kabinet.

"Jadi pertama ini urusan yang berkaitan dengan Menteri ATR/BPN, Mas Agus Harimurti Yudhoyono," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Usai menegaskan hal tersebut, Jokowi lantas menyebutkan sejumlah riwayat pendidikan dari AHY yang tengah berdiri di sisi kirinya.

"Kita tahu beliau ini Ketua Umum Partai Demokrat, pertama. Beliau juga alumni Akademi Militer Akmil. Juga pendidikan di Nanyang University, Harvard University, di Webster Universty," kata Jokowi.

Melihat kiprah dan pengalaman AHY, Jokowi berkeyakinan dirinya tidak salah sudah memilih dan melantik AHY menggantikan Hadi Tjahjanto memimpin Kementerian ATR/BPN.

"Saya kira saya tidak ragu memberikan tempat untuk Kementerian ATR/BPN karena ini urusan manajemen, saya kira beliau akan sangat siap," kata Jokowi.

Seperti diketahui, Jokowi telah melantik AHY sebagai Menteri ATR/BPN.

Pelantikan tersebut berbarengan dengan pelantikan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #jadi #anak #baru #kabinet #minta #izin #jokowi #lakukan #istana #negara

KOMENTAR