Kabinet Merah Putih Bertabur Bintang, Berikut Deretan Jenderal TNI yang Bantu Prabowo-Gibran Lima Tahun Kedepan
ILUSTRASI: Plt Sekjen Kemhan Donny Ermawan Taufanto menerima kunjungan kehormatan Komandan Operasi Gabungan UEA Mayor Jenderal Saleh Mohammed Bin Marjen di kantor Kemhan. (Biro Humas Setjen Kemhan)
10:48
21 Oktober 2024

Kabinet Merah Putih Bertabur Bintang, Berikut Deretan Jenderal TNI yang Bantu Prabowo-Gibran Lima Tahun Kedepan

- Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka telah mengumumkan dan melantik para menteri Kabinet Merah Putih. Dari ratusan nama, ada beberapa yang menyandang status sebagai purnawirawan TNI. Sebagian besar diantaranya adalah purnawirawan perwira tinggi TNI. Itu menjadikan Kabinet Merah Putih bertabur bintang. 

Dari posisi menteri pertahanan misalnya, Prabowo menunjuk Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin menjadi menteri pertahanan (menhan). Sjafrie merupakan orang lama yang terus mendampingi Prabowo. Bersama Prabowo, Sjafrie lulus dari Akademi Militer pada 1974. Selain Sjafrie, purnawirawan perwira tinggi TNI lainnya adalah Letjen TNI (Purn) M. Herindra. 

Serupa dengan Sjafrie, karir Herindra di TNI juga kerap bersinggungan dengan Prabowo. Herindra pernah bertugas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) saat Prabowo juga berdinas di pasukan khusus TNI AD itu. Kini, Herindra mendapat kepercayaan menjadi kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Dia menggantikan Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan. 

Berikutnya ada Marsekal Madya TNI (Purn) Donny Ermawan Taufanto. Sebagai TNI, dia punya karir. Donny tercatat sebagai peraih adhi makayasa 1988. Dia menjadi lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) yang kemudian ditarik oleh Prabowo untuk membantunya bertugas di Kementerian Pertahanan (Kemhan). Kini Donny dipercaya menjadi wakil menteri pertahanan (wamenhan). 

Nama lainnya adalah Letjen TNI (Purn) Lodewijk F. Paulus. Dia merupakan salah seorang politisi senior yang saat ini menjadi kader Partai Golkar. Lodewijk bertugas di TNI sampai mendapat pangkat jenderal bintang tiga. Prabowo mempercayakan posisi wakil menteri koordinator bidang politik dan keamanan (wamenko polkam) kepada Lodewijk. 

Dua nama lainnya adalah Laksamana Madya TNI (Purn) Didit Herdiawan dan Marsekal Muda TNI (Purn) Bambang Eko Suharyanto. Didit yang pernah menjadi Kepala Staf Umum TNI itu dipercaya menjadi wakil menteri kelautan dan perikanan. Sementara Bambang mendapat kepercayaan untuk bertugas sebagai wakil menteri wakil menteri sekretaris negara.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #kabinet #merah #putih #bertabur #bintangberikut #deretan #jenderal #yang #bantu #prabowo #gibran #lima #tahun #kedepan

KOMENTAR