Jelang Prabowo jadi Presiden: Maung Limo, Jas Kebesaran, Istana Bersolek hingga Pesta Rakyat
Serba-serbi jelang Prabowo Subianto dilantik sebagai Presiden RI, mulai 'Maung Limo' kendaraan militer buatan PT Pindad, jas pelantikan, Istana Kepresidenan bersolek hingga Pesta Rakyat.   
17:37
19 Oktober 2024

Jelang Prabowo jadi Presiden: Maung Limo, Jas Kebesaran, Istana Bersolek hingga Pesta Rakyat

- Minggu, 20 Oktober 2024, akan jadi hari bersejarah buat seorang Prabowo Subianto.

Besok, Prabowo Subianto yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) akan dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 mengganti atasannya di pemerintahan, Joko Widodo (Jokowi) yang habis masa jabatannya (2014-2019 dan 2019-2024).

Minggu besok menjadi sejarah lantaran seorang Prabowo Subianto baru bisa menjadi orang nomor 1 Indonesia setelah empat kali gagal dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Pertama, Prabowo gagal saat mencalonkan diri sebagai bakal calon presiden (capres) dari Partai Golkar pada konvensi Capres Golkar tahun 2004. Meskipun lolos, Prabowo kalah suara oleh Wiranto.

Kedua, lewat Partai Gerindra yang didirikannya, Prabowo kembali mencalonkan diri sebagai capres pada Pilpres 2009. Niatnya menjadi capres gagal lantaran harus mengalah menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Ketua Umum PDIP Megawati setelah negosiasi alot kedua pihak.

Meski begitu, pada Pilpres 2009, Megawati-Prabowo kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

Ketiga, Prabowo Subianto kembali mencoba peruntungan sebagai capres dengan pasangan Hatta Rajasa pada Pilpres 2014. Lagi, pasangan tersebut juga gagal setelah kembali menelan kekalahan dari pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Dan keempat, Prabowo Subianto kembali menelan kekalahan dari seorang Jokowi setelah kembali maju sebagai capres dengan pasangannya, Sandiaga Uno, pada Pilpres 2019. Saat itu, Jokowi menggandeng Ketua Majelis UIama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin.


Peruntungan itu akhirnya datang ke mantan Danjen Kopassus TNI AD sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra itu setelah dirinya bergabung ke pemerintahan Jokowi sebagai Menhan dan maju menjadi capres pada Pilpres 2024.

Menggandeng putra bungsu Preiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Prabowo memenangi Pilpres 2024 dengan mengalahkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Suka cita dan rasa syukur bagi seorang Prabowo lantaran dirinya akhirnya bisa menjadi Presiden RI setelah penantian panjangnya.

Berikut serba-serbi jelang pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI yang dirangkum Tribunnews.com:

Pesan Maung Limo dari Pindad

Ada yang bakal berbeda dengan mobil kepresidenan setelah Prabowo Subianto resmi dilantik sebagai Presiden ke-8 RI pada Minggu, 20 Oktober 2024. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tribunnews, Prabowo akan merubah warna iring-iringan mobil kepresidenan menjadi serba putih. Diketahui, iring-iringan mobil Presiden saat ini, Jokowi adalah serba hitam. Pun demikian dengan beberapa iring-iringan mobi presiden sebelumnya.

Salah satu mobil rangkaian warna putih yang akan digunakan nanti sempat terparkir di halaman lobby belakang Kementerian Sekretariat Negara. 

Selain itu, mobil dinas yang akan ditumpangi Prabowo saat menjadi presiden juga berbeda.

Saat ini, mobil dinas kepresidenan yang digunakan Presiden Jokowi adalah Mercedes-Benz S600 Guard, Innova Zenix, Toyota Land Cruiser 200, Toyota Alphard, dan Lexus LX570. Seluruhnya berwarna hitam.

Namun, mobil dinas utama yang kerap digunakan Jokowi sejak tahun 2019 hinga 2024 yakni Mercedes-Benz S600 Guard.

Sejumlah kendaraan produk PT Pindad jenis Maung yakni kendaraan taktis ringan 4x4 untuk mendukung operasi pertempuran jarak dekat dan jelajah medan sulit. Sejumlah kendaraan produk PT Pindad jenis Maung yakni kendaraan taktis ringan 4x4 untuk mendukung operasi pertempuran jarak dekat dan jelajah medan sulit. (pindad.com)

Dari informasi yang dihimpun Tribunnews, ada pesanan beberapa mobil berwarna putih di PT Pindad (Persero) untuk mobil kepresidenan. Namun, pihak PT Pindad sendiri menolak menjawab pertanyaan saat dikonfirmasi mengenai hal itu.

Mobil yang diduga menjadi calon kendaraan kepresidenan Prabowo Subianto itu disebut-sebut merupakan "Maung Limo", yang pada dasarnya tergolong sebagai kendaraan militer.

Jas Kebesaran

Selain kendaraan, ada juga jas yang telah disiapkan yang akan dikenakan Prabowo pada hari pelantikan diirnya sebaagai Presiden RI pada Minggu, 20 Oktober 2024. 

Penjahit pribadi Prarbowo, Yasbun alias Pak Bun mengatakan, Prabowo memang tidak memesan khusus baju untuk pelantikan Presiden.

Namun, dirinya telah menyiapkan tiga setelan jas khusus untuk dikenakan Prabowo ketika pelantikan. Ketiga jas yang dibuatnya disesuaikan dengan warna kesukaan dan pakaian yang kerap digunakan Prabowo, yakni warna hitam, biru dongker, dan abu-abu. 

”Tiga jas sudah selesai saya jahitkan,” kata Pak Bun saat sesi wawancara dengan Tribunnews, Kamis (17/10/2024).

“Nanti terserah ke Bapak mau kenakan yang mana, senyamannya Bapak saja,” tuturnya.

Pak Bun mengungkapkan, Prabowo selama ini sangat nyaman dengan ukuran baju yang besar serta ukuran bahan di lengan hingga bagian ibu jari.

“Selera Pak Prabowo yang penting sederhana, dan nyaman. Beliau tidak pernah minta yang macam-macam. Intinya, yang penting nyaman,” ungkapnya.

Istana Bersolek Sambut Prabowo Istana Kepresidenan di Jakarta tampak bersolek pada Kamis (17/10/2024), menjelang pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024. Istana Kepresidenan di Jakarta tampak bersolek pada Kamis (17/10/2024), menjelang pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024. (Kompas.com)

Tak hanya pihak Prabowo, persiapan jelang kepemimpinan presiden baru juga dilakukan pihak Istana Kepresidenan di Jakarta.

Istana bersolek sejak Kamis, 17 Oktober 2024.

Sejumlah petugas kebersihan tampak mengepel lobi depan Istana Kepresidenan di Jalan Veteran. Beberapa lantai marmer yang rusak juga diganti.

Selain itu, dalam beberapa hari terakhir tampak keluar masuk sejumlah pekerja dengan helm proyek ke dalam Istana. 

Dari pantauan Tribunnews, sejumlah bangunan yang tampak dirombak yakni Kantor Presiden. 

Sejumlah bahan bangunan tampak berada di depan kantor presiden tempat Jokowi memimpin rapat terbatas.

Berdasarkan informasi yang diterima, interior bangunan di Istana akan dirombak. Meja oval yang biasa digunakan Presiden Jokowi untuk rapat posisinya pun akan diubah. 

Belum lagi, sejumlah ornamen dan lukisan yang berada di dalamnya juga sebagian akan diganti. 

Perombakan tersebut diharuskan selesai pada 19 Oktober 2024 atau satu hari menjelang Prabowo Subianto resmi menempati Istana Kepresidenan.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkan Istana ikut bersolek menyambut pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden.

"Karena ini bagian dari selebrasi dan penghormatan kita pada presiden baru yang akan datang," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, Jumat (18/10/2024).

Pesta Rakyat Sepanjang Sudirman-Thamrin Billboard seputar bundaran HI Billboard seputar bundaran HI (Dok. pribadi)

Untuk menyambut pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, bakal didirikan sebanyak 13 panggung pesta rakyat di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada 20 Oktober 2024.

Dalam acara pesta rakyat ini juga menghadirkan doorprize, hiburan musik, stand makanan rakyat, pameran UMKM, dan bazaar.

Sejumlah artis dan band papan atas akan memeriahkan acara Pesta Rakyat pelantikan Prabowo-Gibran ini.

Namun, Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menjelaskan pesta rakyat akan berlangsung dari Minggu pagi hingga sore hari. Namun, jumlah panggung yang didirikan ada tujuh. Nama panggung bernuansa Nusantara, yakni nama-nama pulau di Indonesia.

"Ada 7 panggung, dan di sepanjang jalan itu akan ada makan dari UMKM di pinggir-pinggir jalan, kaki lima di-input dengan bagus. Apalagi pada hari itu kebetulan hari Minggu, hari car free day, itu semua sampai sore ada di situ. Makan gratis dan sambil ada pesta rakyat," kata Nusron Wahid di Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Panggung kesatu di depan Gedung BRI Tower, Jalan Sudirman, yang bakal diramaikan band Kotak dan Melody Band.

Panggung kedua di pertigaan Jalan Karet, Pasar Baru Timur, akan dimeriahkan David Bayu 'Naif' dan Iis Dahlia.

Lalu, panggung ketiga di Dukuh Atas depan Gedung BNI Tower akan diramaikan oleh artis Happy Asmara dan Oom Leo Berkaraoke featuring Bisma Kharisma, dengan pembawa acara artis Ayu Dewi.

Panggung keempat di Bundaran Hotel Indonesia akan dimeriahkan Nella Kharisma, Ayu Ting-Ting, dan Chaplin Band.

Panggung kelima di pertigaan depan gedung Thamrin Jaya akan diramaikan pedangdut Via Vallen.

Kemudian, panggung keenam di Bundaran Patung Kuda akan diisi oleh grup vokal RAN, Mendadak Koplo, dan Kanda Brothers.

Terakhir, panggung tujuh bernama Panggung IKN berada di Taman Pandang Istana (pintu masuk Monas) yang akan dimeriahkan oleh Dewa 19.

Usai resmi dilantik, Prabowo-Gibran dijadwalkan akan menghampiri satu per satu panggung 'Pesta Rakyat' di sepanjang Jalan Sudirman hingga Istana Merdeka.

"Mas Gibran dan Pak Prabowo nanti diagendakan pulang dari DPR akan menyambangi panggung satu per satu, menyapa satu per satu," kata Nusron. (Tribun Network/coz)

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #jelang #prabowo #jadi #presiden #maung #limo #kebesaran #istana #bersolek #hingga #pesta #rakyat

KOMENTAR