Pameran Mewariskan Nusantara, Potret 10 Tahun Kinerja Presiden Jokowi Karya Jurnalis Foto Indonesia
Suasana pameran foto para pewarta foto Indonesia bertajuk Mewariskan Nusantara di Hall Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. 
20:32
18 Oktober 2024

Pameran Mewariskan Nusantara, Potret 10 Tahun Kinerja Presiden Jokowi Karya Jurnalis Foto Indonesia

 Jelang berakhirnya masa jabatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, sebuah pameran foto dan peluncuran buku digelar di Hall Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Pameran foto tersebut bertemakan 'Mewariskan Nusantara' yang merupakan inisiasi dari Populi Indonesia Maju (IPOP) yang bekerja sana dengan para pewarta foto media di seluruh Indonesia.

Total, ada 46 jurnalis foto yang menyumbangkan karya foto mereka dalam pameran tersebut. 

Christiantoko selaku Ketua Koordinator penyelenggara pameran foto dan launching buku menjelaskan bahwa pembuatan buku berisi warisan Jokowi itu dirancang untuk menjadi catatan sejarah dan dokumentasi atas kerja keras Jokowi selama 10 tahun menjabat presiden. 

"Bukan hal yang mudah untuk mendokumentasikannya karena sektornya itu banyak. Bukan hanya hal-hal yang kelihatan mulai dari infrastruktur jalan, bendungan, lapangan udara dan kereta api saja," kata Christiantoko kepada wartawan, Jumat (18/10/2024).

"Tapi yang tidak kelihatan juga banyak, seperti desa mandiri berubah banyak, ada pendidikan, stunting menurun, kemiskinan menurun, itu semua hal yang harus dicatat supaya masyarakat luas tahu bahwa yang dilakukan banyak sekali dan meliputi sektor yang beragam,” lanjutnya.

Adapun buku yang digarap dan dikuncurkan tersebut, dikatakan Christiantoko, juga sebagai langkah pengingat di mana pembangunan yang sudah dilakukan oleh Jokowi akan kembali diteruskan pada pemerintahan selanjutnya.


“Keberlanjutan adalah pesan dari buku ini di mana apa yang sudah dilakukan 10 tahun ini terus dilaksanakan pemerintah mendatang agar masyarakat semakin dapat menikmatinya sehingga masyarakat sejahtera dan juga masyarakat menjadi lebih bangga kepada Indonesia,” kata Christiantoko.

Di kesempatan yang sebelumnya, Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan RI, Arif Toha Tjahjagama, turut hadir dalam pembukaan pameran foto dan launching buku, Kamis (17/10/2024) lalu.

Dia mengungkapkan bahwa momen yang sangat membanggakan yakni bagaimana menunjukkan prestasi ataupun hasil kerja selama 10 tahun kepemimpinan Jokowi. 

“Dengan dokumentasi ini, masyarakat bisa mengetahui apa saja pembangunan-pembangunan yang dilakukan di seluruh negeri tidak hanya di Jawa tapi Indonesia sentris dari seluruh pelosok Indonesia menikmati pembangunan-pembangunan yang sudah dilaksanakan selama 10 tahun terakhir,” ungkpanya.

Arif juga berharap dengan adanya buku ini mudah-mudahan dapat memotivasi pemerintahan selanjutnya untuk meningkatkan lagi pembangunan sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik menuju Indonesia emas 2045.

Buku berjudul Mewariskan Nusantara merupakan buku ketiga dari serial #legacyJokwoi yang diproduksi oleh Populi Indonesia Maju (IPOP). 

Sebagai informasi, pameran foto Mewariskan Nusantara digelar hingga 20 Oktober 2024 atau saat pelantikan Presiden-Wapres terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #pameran #mewariskan #nusantara #potret #tahun #kinerja #presiden #jokowi #karya #jurnalis #foto #indonesia

KOMENTAR