Pangkogabwilhan I Pimpin Pengamanan VVIP dalam Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin Apel Kesiapan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden di Lapangan Silang Monas. (Puspen TNI)
17:08
18 Oktober 2024

Pangkogabwilhan I Pimpin Pengamanan VVIP dalam Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Operasi Pengamanan VVIP dalam pelantikan presiden dan wakil presiden bakal dipimpin langsung oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Rachmad Jayadi. Secara keseluruhan ada 115 ribu personel TNI-Polri yang akan terlibat dalam operasi tersebut. Secara khusus, 24.200 prajurit TNI berada langsung di bawah kendali perwira tinggi bintang tiga TNI AL itu. 

Jumat (18/10) di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin Apel Kesiapan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden. ”Saya tekankan bahwa kegiatan ini bukan hanya acara kenegaran biasa, melainkan simbol kelangsungan demokrasi dan kedaulatan bangsa Indonesia,” ungkap Jenderal Agus di hadapan seluruh anak buahnya. 

Operasi Pengamanan VVIP dalam pelantikan presiden dan wakil presiden akan berlangsung selama tujuh hari. Mulai Kamis (17/10) - Rabu (23/10). Mabes TNI pun merinci 24.200 personel yang akan bertugas di bawah komando pangkogabwilhan I. Yakni Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) Jakarta dari Kodam Jaya dengan jumlah prajurit sebanyak 5.768 orang ditambah Bawah Kendali Operasi (BKO) 16.421 orang. 

Selain itu ada Satgas Pengamanan VVIP dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) 1.541 personel ditambah 3.798 personel BKO, Satgas Passus (Koopsus TNI)  142  personel, Satgas Penerangan (Puspen TNI)  35   personel, Satgas Medis (Puskes TNI)  57 personel, Satgas Intel (Bais TNI)  128  personel, Satgas Laut (Koarmada I) 1.145  personel, dan Satgas Udara (Koopsud I) 2.254  personel.

Tidak hanya itu, masih ada Satgas Komlek (Satkomlek TNI) 60  Personel Satgas Siber (Siber TNI)  14  Personel, dan Mabes TNI 20 Personel. Pasukan yang dikerahkan oleh TNI berasal dari tiga matra. Yakni TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.  Setiap satgas dipastikan akan memiliki peran khusus seperti pengawasan, patroli, dan pengamanan VIP-VVIP untuk menjaga keamanan selama pelantikan berlangsung.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #pangkogabwilhan #pimpin #pengamanan #vvip #dalam #pelantikan #presiden #wakil #presiden

KOMENTAR