Jokowi Minta Difasilitasi untuk Bertemu Megawati, Sekjen PDIP: Tentu Ada Perasaan Tidak Enak
Presiden Joko Widodo dan ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 
17:31
13 Pebruari 2024

Jokowi Minta Difasilitasi untuk Bertemu Megawati, Sekjen PDIP: Tentu Ada Perasaan Tidak Enak

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menduga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memiliki perasaan tidak enak untuk menyampaikan langsung ingin bertemu dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnputri.

Bahkan, sampai harus meminta Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X untuk memfasilitasi pertemuannya tersebut.

"Ya kalau rakyat tahu lah, ketika ada orang yang sampai minta-minta tolong seperti itu, tentu saja ada perasaan tidak enak," kata Hasto saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2024). 

Politisi asal Yogyakarta ini mengatakan, Jokowi mempunyai perasaan tak enak terlebih Megawati dikenal sebagai sosok berpengalaman.

Selain itu, Hasto menyebut Megawati turut melahirkan calon pemimpin seperti Ganjar Pranowo-Mahfud Md. 

"Karena Bu Mega ini kan tampil sebagai sosok yang sangat berpengalaman, sosok yang betul-betul mengabdi pada bangsa dan negara melalui PDI Perjuangan dan Bu Mega juga sudah menghasilkan suatu sosok-sosok pemimpin termasuk Pak Ganjar-Mahfud yang mana itu lahir dari suatu kesadaran yang sangat baik," ucapnya. 

Lebih lanjut, Sekretaris TPN ini menyampaikan, jika perasaan tidak enak Jokowi itu muncul lantaran dirinya punya preferensi berbeda di Pilpres 2024. 

"Ketika Pak Jokowi punya preferensi yang berbeda akibat ambisi kekuasaan, itulah yang mungkin menciptakan rasa tidak enak sehingga sampai minta tolong pada Sri Sultan," pungkas dia.

Sebelumnya, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X membenarkan Presiden Jokowi meminta padanya untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati.

"Betul (diminta presiden untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati), tapi kan saya nunggu presiden. Kan saya akan mencoba tanya, terserah presiden, gitu aja, ya nunggu. Kalau memang presiden memerlukan, saya bersedia, kan hanya itu. Kalau enggak ya nggak apa-apa. Udah gitu aja," ungkap Sri Sultan HB X saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (12/2/2024).

Sri Sultan menegaskan, pertemuan dengan Megawati merupakan inisiatif dari Presiden Jokowi, sementara ia hanya diminta sebagai fasilitator.

"Berarti bukan saya yang mengambil inisiatif to, yang mengambil inisiatif kan bapak presiden sendiri. Ya terserah bapak presiden, mau perlu ketemu Mbak Mega yang saya fasilitasi nggak, kan gitu. Kalau bisa ketemu sendiri kan ya syukur," ujar Sri Sultan HB X.

"Tapi saya kan sifatnya pasif. Lha kalau presiden (katakan) tolong mbok saya dianter misalnya. (Kalau) nggak ada, ya nggak toh," kata Sri Sultan HB X.

"Terserah bapak presiden sendiri, saya kan pasif bukan ngoyak-oyak (mengejar)," tambahnya.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #jokowi #minta #difasilitasi #untuk #bertemu #megawati #sekjen #pdip #tentu #perasaan #tidak #enak

KOMENTAR