Puan Sebut Fit and Proper Test Calon Kepala BIN Herindra Digelar Besok
Muhammad Herindra di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
13:56
15 Oktober 2024

Puan Sebut Fit and Proper Test Calon Kepala BIN Herindra Digelar Besok

  Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan bakal menggelar uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Jenderal Pol (Purn) Bambang Gunadi. Menurutnya, fit and proper test akan dilaksanakan oleh DPR RI, pada Rabu (16/10) besok.   “Jadi sudah diusulkan satu nama dari Presiden Jokowi. Surat presiden (surpres) pergantian Kepala BIN atas nama Pak Herindra yang insyaallah akan dilaksanakan fit and proper-nya atau pertimbangan dari DPR-nya itu insyaallah besok pagi di DPR,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (15/10).   Puan menjelaskan, keputusan tersebut akan menunggu pengumuman kabinet baru yang akan dipimpin oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. Ia menyebutkan, saat ini DPR masih menunggu kepastian jumlah kementerian yang akan diumumkan setelah pelantikan pada 20 Oktober mendatang.  

  “Sampai saat ini, rapat konsultasi yang kemarin kami lakukan baru menentukan jumlah komisi dan jumlah pimpinannya, juga penambahan satu badan di DPR. Namun, kami masih menunggu pengumuman dari presiden terpilih yang akan dilantik pada 20 Oktober untuk mengumumkan berapa kementerian dan kementerian apa saja,” ucap Puan.   Ia menambahkan, DPR baru akan menyelaraskan jumlah komisi yang telah disepakati menjadi 13 komisi dengan kementerian yang nantinya akan diumumkan oleh Presiden Prabowo.   “Setelah itu, pimpinan fraksi dari setiap fraksi akan menetapkan siapa saja yang menjadi pimpinan di setiap komisi. Itu merupakan hak dari setiap pimpinan fraksi untuk mengumumkan,” ujar Puan.  

  Puan juga menyatakan, penambahan jumlah komisi menjadi 13 dilakukan untuk mensinergikan DPR dengan kementerian baru yang direncanakan oleh Presiden Prabowo Subianto. Rencana penambahan ini diharapkan dapat memperkuat kerja legislatif dalam mendukung pemerintahan yang akan datang.   “Untuk memperkuat dan tentu saja mensinergikan dan menselaraskan rencana penambahan kementerian yang direncanakan oleh presiden terpilih atau presiden yang akan dilantik pada tanggal 20 Oktober,” pungkasnya.

 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #puan #sebut #proper #test #calon #kepala #herindra #digelar #besok

KOMENTAR