Indonesia Berpeluang Jadi Negara Maju pada 2024, Menaker Ajak Mahasiswa Bersinergi Kelola Bonus Demografi
Menaker, Ida Fauziyah dalam Sosialisasi Pasar Kerja yang diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jakarta, Rabu (7/2/2024). (Dok: Kemnaker)
11:24
8 Februari 2024

Indonesia Berpeluang Jadi Negara Maju pada 2024, Menaker Ajak Mahasiswa Bersinergi Kelola Bonus Demografi

Bonus demografi mencapai puncaknya pada tahun 2030 hingga 2035. Jika bonus demografi dapat dikelola dengan baik, maka hal ini dapat menghantarkan Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

Untuk maksud tersebut, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengajak seluruh elemen bangsa, khususnya mahasiswa untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan Kemnaker dalam meraih peluang ini.

"Kita perlu kolaborasi dan sinergi untuk mendapatkan bonus demografi," ujarnya, saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Pasar Kerja yang diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Kolaborasi dapat dilakukan, misalnya, melalui berbagai pelatihan yang difasilitasi negara, sehingga mahasiswa memiliki kompetensi. 

"Ini peluang sekaligus tantangan. Kita ingin bonus demografi ini benar-benar berbuah bonus bagi pembangunan negara kita. Kita tidak ingin, bonus demografi menjadi mudarat. Kita ingin bonus demografi menghantarkan Indonesia nanti 1 abad menjadi negara maju," ucapnya.

Menurut Ida, agar menjadi negara maju, maka Indonesia harus mempersiapkan banyak hal, seperti pertumbuhan ekonominya mencapai 7%, tingkat kemiskinan penduduknya mendekati 0%, kemudian penganggurannya bersifat alamiah.

"Kalau ini bisa kita persiapkan dari sekarang, maka Insyallah, bonus demografi ini menjadi jembatan kita untuk memperoleh Indonesia maju pada tahun 2045," ucapnya.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #indonesia #berpeluang #jadi #negara #maju #pada #2024 #menaker #ajak #mahasiswa #bersinergi #kelola #bonus #demografi

KOMENTAR