9 Tahun, Kemenag Salurkan Rp 3,8 Triliun Beasiswa untuk Ratusan Ribu Mahasiswa PTKIN
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Humas Kemenag)
20:40
14 Oktober 2024

9 Tahun, Kemenag Salurkan Rp 3,8 Triliun Beasiswa untuk Ratusan Ribu Mahasiswa PTKIN

- Kementerian Agama (Kemenag) terus memberikan kesempatan besar pendidikan bagi para mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Sepanjang sembilan tahun, Kemenag menyalurkan dana Rp 3,8 triliun dalam bentuk beasiswa Bidikmisi atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk 156.425 mahasiswa di 541 PTKIN.

"Tentu ini pencapaian yang membanggakan," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada JawaPos.com, Senin (14/10).

Pencapaian itu sempat dipaparkan Yaqut Cholil Qoumas dalam acara Religion Fest di JIExpo, Jakarta, Rabu (9/10) lalu. Penyaluran beasiswa dan KIP Kuliah itu berlangsung dari 2015 hingga 2024.

Selain untuk mahasiswa, Kemenag tidak luput memerhatikan kesejahteraan para guru yang mengajar di madrasah. Buktinya Rp 62 triliun disalurkan untuk pendidikan profesi guru dan Rp 4 triliun untuk intensif guru.

"Ini bagian dari penghargaan Kemenag kepada para guru, para insan pendidik yang menjadi jaminan bahwa anak-anak kita para santri bisa melampaui masa depan," ujar Gus Men.

Tidak hanya perguruan tinggi, Kemenag juga mendorong program kemandirian ekonomi pesantren. "Program kemandirian ekonomi pesantren itu sekarang terbentuk 436 badan usaha milik pesantren. Sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya," kata Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Basnang Said.

Dia juga menjelaskan aspek kelembagaan di Kemenag juga makin kuat. "Kami juga mendapatkan penghargaan tertinggi sebagai kementerian/lembaga dengan inovasi terbaik dari Kemenpan RB. Kemudian dari aspek kelembagaan lainnya yakni aksi pencegahan korupsi," pungkasnya.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #tahun #kemenag #salurkan #triliun #beasiswa #untuk #ratusan #ribu #mahasiswa #ptkin

KOMENTAR