Pimpinan MPR Serahkan Undangan ke Jokowi Hingga Prabowo Terkait Agenda Pelantikan Presiden
Ketua MPR RI Ahmad Muzani bersama Wakil Ketua MPR RI usai Rapat Pimpinan MPR RI perdana di Gedung Nusantara V DPR RI, Kompleks Parlemen MPR/DPR-DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024). (Salman Toyibi/Jawa Pos)
14:32
14 Oktober 2024

Pimpinan MPR Serahkan Undangan ke Jokowi Hingga Prabowo Terkait Agenda Pelantikan Presiden

  Pimpinan MPR RI akan menemui Presiden terpilih Prabowo Subianto hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyampaikan undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, yang akan diselenggarakan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Minggu (20/10).    Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyatakan, pihaknya terlebih dahulu akan menemui Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden RI terpilih Prabowo Subianto di kantor Kemhan, Jakarta.   "Rencananya pimpinan MPR akan bertemu dengan pertama, presiden terpilih, Pak Prabowo, kami akan diterima di Kementerian Pertahanan," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (14/10).  

  Setelah menemui Prabowo, lanjut Muzani, pihaknya akan menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta. Serta akan menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin.   "Jam setengah dua akan bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Kemudian jam empat nanti akan bertemu dengan Wakil Presiden Kiai Ma'ruf Amin," ucap Muzani.   Terkahir, sekitar pukul 18.30 WIB, Pimpinan MPR akan bertemu Wapres RI terpilih Gibran Rakabuming Raka. Pertemuan itu rencananya akan digelar di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat.   "Nanti setelah Maghrib akan bertemu dengan Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka," ungkap Muzani.  

  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra itu mengakui, pertemuan dengan para tokoh bangsa itu untuk menyerahkan surat undangan pelantikan presiden dan wakil presiden, yang akan diselenggarakan 20 Oktober 2024.   "Agenda pertemuan akan kami sampaikan tentang undangan agenda tanggal 20 Oktober kepada beliau-beliau. Kami menyampaikan undangan untuk mengundang agar beliau-beliau hadir dalam pengucapan sumpah Presiden dan Wakil Presiden hasil pemilihan umum 2024," ucap Muzani.   Selain itu, Muzani juga memastikan MPR RI mengundang kontestan Pilpres 2024 yakni, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Ia memastikan, undangan itu telah sampai dan diterima masing-masing pihak.   "Sudah diterima oleh masing-masing kandidat, Mas Ganjar apa segala macam, dan kami akan cek nanti sore atau nanti malam kami akan telepon Pak Anies, Pak Ganjar, Pak Mahfud, dan Pak Muhaimin. Kami akan telepon dan kami akan minta dengan hormat beliau-beliau untuk bisa hadir pada tanggal 20 Oktober," pungkas Muzani.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #pimpinan #serahkan #undangan #jokowi #hingga #prabowo #terkait #agenda #pelantikan #presiden

KOMENTAR