Kala Jokowi dan Polri Saling Beri Penghargaan saat Apel Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Institusi Polri saling memberikan penghargaan. Jokowi dianugerahi medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik 'Loka Praja Samrakshana' oleh Polri. (Ryandi Zahdomo/ JawaPos.com)
11:48
14 Oktober 2024

Kala Jokowi dan Polri Saling Beri Penghargaan saat Apel Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Institusi Polri saling memberikan penghargaan. Jokowi dianugerahi medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik 'Loka Praja Samrakshana' oleh Polri.   Penganugerahan medali Loka Praja Samrakshana diberikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat apel kesiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (14/10/2024).   Listyo mengatakan, medali penghormatan Loka Praja Samrakshana diberikan kepada Jokowi atas sumbangsihnya selama ini kepada Polri.   

  "Dimana ini adalah bentuk penghormatan institusi terkait dengan sumbangsih beliau yang luar biasa terhadap institusi Polri sehingga kami bisa lebih optimal dalam melaksanakan tugas pokok kami, melindungi, memayomi, melayani masyarakat, dan melakukan penegakan hukum," ujar Listyo.   Loka Praja Samrakshana sendiri berasal dari bahasa Sanskerta. Loka Praja Samrakshana dapat diartikan perlindungan terhadap masyarakat, bangsa dan negara.   Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Institusi Polri saling memberikan penghargaan. Jokowi dianugerahi medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik 'Loka Praja Samrakshana' oleh Polri. (Ryandi Zahdomo/ JawaPos.com)   Pihaknya, lanjut Listyo, juga menyematkan Warga Kehormatan Utama Korps Brimob Polri kepada Jokowi.    "Dan dalam kesempatan ini juga kami menyematkan Warga Kehormatan Utama Korps Brimob Polri karena memang beliau telah banyak berjasa untuk pengembangan institusi Korps Brimob Polri," tambah Listyo.   Usai Listyo memberikan penghargaan kepada Jokowi, kini giliran Jokowi yang memberikan penghargaan kepada Polri.    Terdapat tujuh satuan kerja (satker) Polri yang menerima tanda kehormatan Nugraha Sakanti. Ketujuhnya ialah Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korbrimob Polri, Divisi Hubungan Internasional Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri dan Pusdokkes Polri.  

  Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada sebuah kesatuan Polri. Tanda kehormatan Nugraha Sakanti diberikan kepada satuan yang dinilai telah berjasa di bidang kepolisian yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.   Tanda kehormatan diberikan langsung oleh Presiden Jokowi kepada masing-masing pimpinan satuan tersebut. Yakni, Kakorbrimob Polri Komjen Imam Widodo, Kabareskrim Porli Komjen Wahyu Widada, Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, Kadivhubinter Polri Irjen Krishna Murti.   Lalu, Kadensus 88 Antiteror Polri Irjen Sentot Prasetyo, dan Kapusdokkes Polri Irjen Asep Hendradiana.   "Tentunya penganugerahaan yang diberikan oleh bapak Presiden kepada kita ini sekaligus menjadi amanah dari bapak Presiden agar kami semua ke depan akan bekerja dengan lebih baik sesuai dengan apa yang menjadi harapan dan amanah rakyat," ucap Listyo.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #kala #jokowi #polri #saling #beri #penghargaan #saat #apel #kesiapan #pengamanan #pelantikan #presiden

KOMENTAR