Diisukan jadi Menteri Lagi di Kabinet Prabowo, Azwar Anas Ngaku Sudah Berkemas dan Bakal Lanjut Urus Bisnis
Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (PANRB), Abdullah Azwar Anas. (Nurul Fitriana/JawaPos.com)
11:56
11 Oktober 2024

Diisukan jadi Menteri Lagi di Kabinet Prabowo, Azwar Anas Ngaku Sudah Berkemas dan Bakal Lanjut Urus Bisnis

- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas disebut-sebut akan kembali menjabat sebagai menteri di Kabinet Presiden terpilih, Prabowo Subianto mendatang.   Namun merespons hal itu, Anas justru mengaku sudah mulai berkemas-kemas dari rumah dinas yang berada di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan. Bahkan, ia mengaku sudah jarang bermalam di rumah dinas tersebut.   "Saya sudah berkemas, kadang nginep di rumah Wichan kadang di luar Wichan," kata Anas saat ditemui usai acara peluncuran Buku 'Anti Mainstream Bureaucracy' di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (10/10).  

  Dia juga mengaku merasa cukup dengan seluruh kesempatan yang telah diperolehnya untuk mengabdi kepada negara. Mulai dari menjadi bupati Banyuwangi selama 10 tahun.   Kemudian, menjadi anggota DPR selama 5 tahun, menjadi Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).   "Saya jadi pejabat negara itu sudah berapa tahun ya, jadi bupati 10 tahun, DPR 5 tahun, tambah menteri, LKPP, cukuplah saya kira Allah memberikan kesempatan buat kita," ungkapnya.   Lebih lanjut, Anas juga membeberkan rencananya pasca lengser menjadi Menteri PANRB pada 20 Oktober 2024 mendatang. Mulai dari menjadi akademisi hingga mengurus bisnis.   Namun ia tidak mengatakan akan kembali lagi ke Banyuwangi pasca lengser itu. Pasalnya, kata Anas, ada sejumlah bisnis juga yang ia miliki di Jakarta.  

  "Ada banyak (bisnis) ada otomotif, ada Agriculture, ada Pariwisata. Bisnis kan ada di sini (Jakarta), ada di Banyuwangi," ujarnya.   Pada kesempatan itu, Anas juga mengenang soal kariernya di dunia jurnalis sebelum dipercaya Presiden Joko Widodo menjadi menteri untuk menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada Juli 2022.   Anas mengaku gemar menulis. Bahkan, saat menjadi jurnalis, ia mengaku senang karena bisa bertemu banyak orang hingga punya kesempatan untuk menggali ide-ide dari orang tersebut.   "Iya dulu itu saya sambil kuliah, SMA juga sudah belajar nulis ya, saya itu senang gali ide orang, nulis. Awal-awal kuliah juga aku jadi reporter, jadi news director. Waktu itu Pak Said Aqil baru pulang dari Mekkah, saya wawancara. Jadi teman teman jadi wartawan itu senang. Ketemu orang, gali ide orang," pungkasnya.  

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #diisukan #jadi #menteri #lagi #kabinet #prabowo #azwar #anas #ngaku #sudah #berkemas #bakal #lanjut #urus #bisnis

KOMENTAR