5 Contoh Teks Ceramah Isra Miraj Singkat, Lengkap dengan Dalilnya
Ilustrasi Khutbah - 5 contoh teks ceramah tentang Isra Miraj secara singkat. Dilengkapi dengan dalilnya. 
08:01
1 Februari 2024

5 Contoh Teks Ceramah Isra Miraj Singkat, Lengkap dengan Dalilnya

Berikut 5 contoh teks ceramah tentang Isra Miraj secara singkat.

Isra Miraj diperingati setiap tanggal 27 bulan Rajab.

Sehingga pada tahun ini peringatan Isra Miraj jatuh pada Kamis, 8 Februari 2024.

Peristiwa Isra Miraj ini diperingati untuk mengingat sebuah momentum bersejarah dalam perjuangan dakwah Islam di Makkah.

Untuk memperingatinya, biasanya diisi dengan sejumlah acara yang di dalamnya terdapat ceramah tentang Isra Miraj.

Oleh sebab itu, Tribunnews.com telah merangkum 5 contoh teks ceramah Isra Miraj dari berbagai sumber berikut ini:

1. Contoh Teks Ceramah Isra Miraj

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah.

Segala puji bagi Allah, tuhan semesta Alam yang telah memberi kita nikmat yang berlimpah hingga detik ini. Sholawat serta salam, mari kita curahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.

Hadirin yang saya hormati,

Hari ini kita bertemu di bulan yang suci, yakni bulan Rajab. Nama Rajab ini diambil dari kata “Rojaba” yang artinya adalah “mengagungkan dan memuliakan”.

Hadirin, bagaimana dan kenapa bulan Rajab ini dimuliakan? Jawabannya adalah pemuliaan bulan Rajab ini merupakan bagian dari tradisi masyarakat Arab, bahkan sejak zaman jahiliyah. Bayangkan, sejak zaman jahiliyah saja orang-orang Arab waktu ini memuliakan bulan Rajab ini, masa di zaman kita ini tidak memuliakannya.

Dulu, orang-orang Jahiliyah memuliakan bulan Rajab ini dengan cara tidak memperbolehkan ada peperangan selama bulan tersebut. Umpamanya, ada si “A” yang dulu pernah membunuh bapaknya si “B” kemudian si “A” itu bertemu dengan si “B”, maka keluarga si “B” tidak akan membalas dendamnya pada si pembunuh itu.

Terdapat firman Allah SWT yang menyebut keutamaan bulan Rajab ini, yakni dalam Quran Surat At Taubah ayat 36. Begini bunyinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. at-Taubah/9: 36).

Sementara itu, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana keadaannya tatkala Allah menciptakan langit dan bumi, setahun ada dua belas bulan di antaranya terdapat empat bulan haram, tiga bulan berurutan yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab Mudhar yang terletak antara Jumada (akhir) dan Syaban.”Kata haram dalam hadits tersebut artinya bulan yang disucikan. Maka, marilah kita memuliakan bulan Rajab ini dengan banyak berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Hadirin yang saya hormati, demikian sepatah dua patah kata yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga kita bisa mendapat berkah di bulan Rajab ini dan diberi kesempatan untuk beribadah di bulan Ramadhan.

2. Contoh Teks Ceramah Isra Miraj

Assalamualaikum wr.wb

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur pada Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk berada di tempat ini dalam rangka memperingati Isra Miraj. Tak lupa pula shalawat senantiasa tercurah kepada baginda Muhammad SAW.

Jika menilik kembali peristiwa Isra Miraj, kejadian di luar nalar manusia tersebut bukan tanpa alasan dan tetap wajib kita imani.

Isra Miraj bukan tidak hanya mengisahkan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, dan dari Masjidil Aqsha ke sidratul muntaha saja. Lebih dari itu, Allah SWT menunjukkan kekuasaan dan kebesaranNya pada kita semua.

Kecepatan perjalanan yang ditempuh Nabi Muhammad SAW. bisa dijelaskan dengan hukum fisika. Sebagai umat muslim yang taat, kita wajib mengimani perjalanan tersebut. Ada pelajaran berharga yang bisa dipetik dari Isra Miraj.

Pertama, keajaiban dari Allah SWT benar adanya. Jika dibayangkan, mana mungkin jarak tempuh Mekah ke Yerusalem yang jika ditempuh dengan pesawat memerlukan waktu dua jam, serta perjalanan ke luar angkasa tidak mungkin hanya dalam semalam.

Namun, Allah SWT dengan kuasa-Nya mampu melakukan itu.

Seperti yang tercantum dalam surat Al Isra ayat 1

اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Perjalanan spiritualitas di zaman Rasul tersebut menjadi pelajaran bagi umat muslim di masa kini. Apa yang sudah Allah SWT janjikan adalah benar. Dan kita wajib mengimani itu semua.

Demikian ceramah terkait Isra Miraj yang bisa saya sampaikan. Akhir kata, saya memohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian ceramah ini.

3. Contoh Teks Ceramah Isra Miraj

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat (...)

Alhamdulillah, pada hari ini kita bisa bersama sama hadir dalam majlis yang mulia ini untuk memperingati suatu peristiwa yang sangat bersejarah, yaitu Isra dan Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW. Tema yang akan saya sampaikan dalam acara peringatan Isra dan Mi'raj ini adalah: Isra dan Mi'raj dalam perspektif keimanan dan ilmu pengetahuan.

Kisah Isra dan Mi'raj merupakan kisah yang sangat inspiratif sepanjang masa, sejak zaman Rasulullah Muhammad SAW sampai saat ini. Selain inspiratif, kisah Isra dan Mi'raj juga merupakan "tantangan" bagi para Ahli Tafsir maupun Ilmuwan, utamanya dalam usaha untuk mengerti dan menyingkap fakta fakta ilmiah dibalik fenomena Isra dan Mi'raj itu.

Peristiwa Isra terekam di dalam Kitab Suci AI-Qur'an, yaitu pada surat Al-Isra ayat 1:

سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ

Artinya: "Maha Suci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat."

Sedangkan peristiwa Miraj terekam dalam surah An-Najm ayat 13-18:

وَلَقَدْ رَآهُ نزلَةً أُخْرَى (13) عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى (14) عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى (15) إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى (16) مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغَى (17) لَقَدْ رَأَى مِنْ آيَاتِ رَبِّهِ الْكُبْرَى (18

Artinya: "Dan Sesungguhnya Muhammad telah melihat fibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha. Di dekatnya ada syurga tempat tinggal, (Muhammad melihat fibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. penglihatannya (Muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar."

Hadirin yang berbahagia,

Peristiwa Isra dan Mi'raj yang berlangsung pada diri junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW 15 abad yang lalu, telah memperkuat keimanan Rasulullah SAW maupun kita semua umat Islam, akan ke-Maha Kuasaan Allah SWT.

Apapun yang dikehendaki-Nya, bukanlah sesuatu yang mustahil untuk terjadi; karena memang ilmu Allah sangat luas dibanding kekuatan nalar manusia untuk memahaminya. Bandingan ilmu Allah dengan ilmu yang telah dikuasai oleh peradaban manusia sampai saat ini, hanya seperti perbandingan samudera dengan setetes air di ujung jari.

Namun demikian, peristiwa Isra dan Mi'raj memberikan tantangan sekaligus inspirasi kepada para ilmuwan, untuk melakukan "penalaran/pemahaman" tentang peristiwa itu. Khazanah ilmu pengetahuan telah terakumulasi begitu banyak, tidak ada salahnya para ilmuwan menambah dan memperkuat keimanannya dengan mencoba menalar secara saintifik semua fenomena-fenomena alam ciptaan Allah SWT ini, termasuk fenomena-fenomena yang ada di balik Peristiwa Isra-Miraj ini.

Akhir kata mohon maaf jika ada kesalahan dan tutur kata yang salah dan tidak menjadi perkenan hadirin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

4. Contoh Teks Ceramah Isra Miraj

Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum Warrahamatullahi Wabarakatuh, selamat pagi semuanya.

Alhamdulillah, Alhamdulillahilladi, lahumma fissama waati wama fiil ardi, walakal khamdu fiil aakhiroh wahuwal khakimul khobir amma ba’du Yang terhomat kepada Bapak dan Ibu Sekalian. Yang dirahmati oleh Allah SWT, segala puji dan syukur kepada Allah SWT yang memuliakan semua umat islam dengan kekuatannya.

Sholawat dan salam untuk junungan nabi Kita rasulululloh Muhamad SAW. Allahummasolli’ala Muhammad wa’ala aalihi sayyidina

Muhammad Berbicara mengenai Salat, Salat itu tiang agama, yang pertama kali dihisab adalah Salat. Salat mengingatkan kita mengenai perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil haram ke masjidil Aqsa, dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha, untuk mejemput wahyu dari sang Khaliq Allah azza wajalla yang berjumlah 50 waktu.

Apabila kita diperintahkan mengerjakan salat 50 waktu, tentu kita tidak akan sanggup mengerjakannya, sebagaimana firman Allah dalam Qur’an surat Al-Isra’ ayat 1 yang artinya; "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.

Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." Salat adalah rukun islam yang kedua serta salat wajib bagi seluruh Muslimin dan Muslimat. Namun masih banyak umat muslim yang tidak salat bahkan idul fitri maupun idul adha. Oleh karena itu mari kita jaga diri kita untuk selalu Salat. Dengan salat membuat kita mencegah perbuatan keji dan mungkar. Kalau diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari maka Insya Allah kita daapat menjalankan islam secara kaffah.

Rosulullah SAW bersabda yang artinya “pimpinan dari segala perkara adalah islam, tiangnya adalah solat, pijakannya adalah berpihak dijalan Allah” Jangan sekali kali meninggalkan salat lima waktu, karena salat lima waktu adalah kewajiban yang tidak bisa ditunda. Tidak bisa salat berdiri, salat sambil duduk, berbaring maka oleh sebab itu Salat merupakan kewajiban mutalk.

Demikianlah ceramah mengenai salat saya ucapkan Wassalamu’alaikum warakhmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh Teks Ceramah Isra Miraj

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Alhamdulillah, hari ini kita akan membahas sebuah peristiwa luar biasa yang dialami oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, yaitu isra dan miraj.

Isra dan Miraj terjadi dalam satu malam, di mana Rasulullah dibawa oleh malaikat Jibril dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Baitul Maqdis. Ini disebut isra'. Di sana, Rasulullah bertemu dengan para nabi yang datang sebelumnya dan bersama-sama melaksanakan shalat, menunjukkan persatuan umat Islam.

Setelah itu, Rasulullah melakukan Miraj, yaitu perjalanan ke langit. Melalui tujuh lapis langit, beliau bertemu dengan para nabi dan akhirnya berada di hadapan Allah. Di sana, Allah menetapkan kewajiban shalat lima waktu sehari semalam.

Dari isra dan miraj, kita bisa ambil beberapa pelajaran. Pertama, menghargai keajaiban perjalanan malam Rasulullah sebagai bukti kebesaran Allah. Kedua, menyadari pentingnya persatuan umat Islam dalam shalat. Ketiga, merenungkan kewajiban shalat sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah.

Semoga kita dapat meneladani kebaikan Rasulullah dan meningkatkan kualitas shalat kita. Mari kita bersyukur atas nikmat ini dan berusaha mendekatkan diri kepada Allah dalam setiap langkah hidup kita.

Terima kasih. Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

(Tribunnews.com/Enggar Kusuma)

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #contoh #teks #ceramah #isra #miraj #singkat #lengkap #dengan #dalilnya

KOMENTAR