Tiket Disiapkan usai Lengser 20 Oktober, Jokowi Naik Pesawat Komersil saat Pulkam ke Solo?
Presiden Jokowi jajal mobil Esemka (PresidenRI.go.id)
16:28
8 Oktober 2024

Tiket Disiapkan usai Lengser 20 Oktober, Jokowi Naik Pesawat Komersil saat Pulkam ke Solo?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan akan pulang ke Solo, Jawa Tengah begitu dirinya tidak lagi menjabat presiden pada 20 Oktober 2024. Jokowi bahkan langsung pulang ke kampung halaman pada sore hari, usai pelantikan Prabowo Subianto.

Lantas apakah Jokowi akan menaikki pesawat komersil saat pulang kembali ke Solo?

Menanggapi pertanyaan ini, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan bahwa hal pesawat komersil sudah disiapkan. Tetapi ia belum memastikan lebih lanjut.

"Nanti kami atur, jadi pokoknya (pesawat) komersil sudah siap," kata Pratikno di komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Baca Juga: Minta Rakyat Bergerak Lengserkan Gibran pada 21 Oktober karena Skandal Fufufafa, Seruan Amien Rais Disorot: Makar?

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menghadiri Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah Anggota DPR/DPD/MPR RI (YouTube/Sekretariat Presiden)Presiden Joko Widodo alias Jokowi menghadiri Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah Anggota DPR/DPD/MPR RI (YouTube/Sekretariat Presiden)

Sementara itu, ditanya apakah Jokowi sudah membeli tiket untuk penerbangan ke Solo menggunakan pesawat komersil, Pratikno memastikan hal tersebut sudah siap.

"Pokoknya siap," kata Pratikno.

Lantas apakah protokoler terhadap Jokowi tetap melekat saat mantan gubernur Jakarta tersebut kembali ke Solo? Pratikno menegaskan pihak Istana mengikuti aturan protokol yang berlaku.

"Kan presiden sebagai mantan presiden tetap berhak untuk memperoleh dukungan pengamanan Paspampres, dan ada grup tersendiri untuk mantan presiden dan wapres," kata Pratikno.

Mulai Berkemas

Baca Juga: 20 Oktober Ada Acara Pisah Sambut, Prabowo Bakal Nyusul Jokowi ke Istana usai Resmi Dilantik DPR

Jokowi mulai berkemas-kemas barang menjelang purna tugas atau berakhirnya masa jabatan dia sebagai Presiden RI. Bahkan, Jokowi mengaku kepalanya pening karena mulai beres-beres di Istana. 

"Aduh, packing pening kepala katanya.  Sudah packing, sudah mulai packing," kata Pratikno di komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

Adapun sejumlah barang yang dikemas Jokowi, mulai dari buku dan lain sebagainya.

"Banyak, ada foto, ada buku, ada segala macam kan," kata Pratikno.

Pratikno lantas berkelakar ingin meminta koleksi batik Jokowi yang kerap dikenakam kepala negara dalam sejumlah acara.

"Saya aja minta sama presiden itu koleksi bapak batik bagus bagus, saya lihat di setiap acara batiknya Pak Presiden itu kan relatif sering ganti ya, saya juga berminat Pak, saya minta satu," kata Pratikno.

Pratikno tidak menegaskan sejak kapan Jokowi mulai berkemas-kemas. Tetapi yang pasti barang-barang tersebut akan dibawa ke kampung halaman Jokowi di Solo, Jawa Tengah.

Presiden Joko Widodo tiba saat pelantikan anggota DPR, DPD, dan MPR masa bakti 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).[Suara.com/Alfian Winanto]Presiden Joko Widodo tiba saat pelantikan anggota DPR, DPD, dan MPR masa bakti 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).[Suara.com/Alfian Winanto]

"Ya namanya kan pindah," kata Pratikno.

"Ke Solo," sambung Pratikno.

Tidur di Solo 

Jokowi sebelumnya mengaku akan segera pulang ke Solo usai tidak menjabat sebagai presiden pada 20 Oktober 2024. Niatan pulang kampung itu dilakukan Jokowi usai transisi pemerintahan kepada Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo," kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Saat ditanya apa aktivitas usai pelantikan presiden terpilih, Jokowi menegaskan dirinya pulang ke Solo terlebih dahulu, kemudian tidur.

"Pulang ke Solo dulu. Tidur," kata Jokowi

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #tiket #disiapkan #usai #lengser #oktober #jokowi #naik #pesawat #komersil #saat #pulkam #solo

KOMENTAR