Lulus dengan Predikat Cumlaude, Menteri ATR/BPN AHY Meraih Gelar Doktor di Universitas Airlangga
Menteri ATR/BPN AHY Meraih Gelar Doktor di Universitas Airlangga. (Antara)
06:24
8 Oktober 2024

Lulus dengan Predikat Cumlaude, Menteri ATR/BPN AHY Meraih Gelar Doktor di Universitas Airlangga

 

 Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), berhasil menyelesaikan Ujian Doktor Terbuka di Universitas Airlangga, Surabaya.

Dilansir dari kominfojatim, Selasa (8/10), AHY mempresentasikan disertasinya yang berjudul 'Transformational Leadership and Human Resources Orchestration towards Indonesia Emas 2045' di hadapan para penguji, tamu undangan, dan sejumlah tokoh penting, termasuk Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Gubernur Jawa Timur 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa.

Rektor Universitas Airlangga, Prof. M Nasich, yang juga memimpin sidang terbuka tersebut, menyatakan bahwa Agus Harimurti Yudhoyono lulus dengan predikat Cumlaude.

Dalam disertasinya, AHY menekankan pentingnya kepemimpinan transformasional dan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sebagai elemen kunci dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045. Ia mengatakan bahwa di tengah tantangan global yang semakin kompleks, Indonesia membutuhkan pemimpin yang mampu beradaptasi, inovatif, dan mampu menggerakkan semua elemen bangsa.

AHY juga menekankan bahwa studi doktoralnya tidak hanya memperluas pengetahuannya tentang teori kepemimpinan dan manajemen SDM, tetapi juga memberinya wawasan baru tentang penerapan konsep-konsep tersebut dalam politik dan pemerintahan.

Ia juga menyoroti pentingnya kerja sama antara dunia akademik dan pemerintahan. Menurutnya, sinergi antara akademisi dan politisi sangat penting untuk mencapai kemajuan bangsa secara bersama-sama.

Perjalanan studinya selama tiga tahun di Universitas Airlangga bertujuan memberikan pemahaman lebih mendalam kepada pemerintah mengenai pentingnya kepemimpinan transformasional dan manajemen SDM. Ia berharap penelitiannya dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan strategis ke depan.

AHY juga menyebutkan bahwa disertasinya harus diterjemahkan ke dalam kebijakan nyata dengan pendekatan strategis yang tepat. Kebijakan tersebut perlu mampu membangun simpati dan dukungan masyarakat agar langkah pemerintah mendapat respons positif.

Menurut AHY, pengelolaan SDM adalah faktor penting dalam mencapai visi besar tersebut. Ia berpendapat bahwa pengembangan SDM harus diarahkan untuk memenuhi kebutuhan masa depan bangsa, terutama di era revolusi industri 4.0 dan digitalisasi.

Kepemimpinan transformasional dan pengelolaan SDM yang baik, katanya, akan memungkinkan Indonesia bersaing di tingkat global dan menghadapi tantangan besar di masa depan, sehingga kunci untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Para penyanggah dalam sidang terbuka ini antara lain terdiri dari Prof. Dr. Mohammad Nasih, Prof. Badri Munir Sukoco, Prof. Dr. Fendy Suhariadi, Prof. Djoko Santoso, Prof. Dr. Bambang Sektiari L, Prof. Dr. Rudi Purwono, Prof. Dr. Dian Agustia, Dr. Koko Srimulyo, dan Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #lulus #dengan #predikat #cumlaude #menteri #atrbpn #meraih #gelar #doktor #universitas #airlangga

KOMENTAR