Soal Viral Jokowi Tidak Menyalami Try Sutrisno, Istana Beberkan Fakta Ini
Presiden Joko Widodo alias Jokowi lewati Try Sutrisno (X/CakKhum)
15:52
7 Oktober 2024

Soal Viral Jokowi Tidak Menyalami Try Sutrisno, Istana Beberkan Fakta Ini

Istana buka suara ihwal potongan video viral yang menunjukkam Presiden Jokowi tidak salaman dengan Wakil Presiden ke-6 RI Tru Sutrisno pada momen peringatan HUT TNI, Sabtu (5/10).

Diketahui Jokowi melewati Try saat hendak menuju ke arah Sinta Nuriyah dan Yenny Wahid untuk bersalaman. Saat Jokowi berjalam, terlihat Try sudah berdiri.

Menanggapi itu, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, menjelaskan bahwa sebelumnya Jokowi dan Try sudah bersalaman.

"Iya bapak presiden sudah salaman dan menyapa Wakil Presiden ke-6 Bapak Try Sutrisno beserta ibu di Holding VVIP Room," kata Yusuf kepada wartawan, Senin (7/10/2024)

Baca Juga: Beda Adab Prabowo vs Jokowi Saat Bertemu Try Sutrisno, Ada yang Kena Kritik Warganet

Adapun Jokowi menyalami sejumlah tokoh lantaran memang kepala negara belum bertemu dengan mereka sebelumnya.

"Sedangkan untuk yang lainnya seperti Ibu Shinta, Bapak Jusuf Kala, Pak Boediono dan lain-lain, beliau belum sempat bertemu di Holding Room," kata Yusuf.

"Bapak presiden sangat menghormati semua elemen masyarakat apalagi dengan para tokoh pemimpin bangsa," sambung Yusuf.

Sebelumnya, publik mendadak ramai membandingkan adab Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Prabowo Subianto saat bertemu Mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno di acara HUT ke-79 TNI.

Hal ini terlihat dalam unggahan akun X @/CakKhum. Akun ini mengunggah 2 video saat Jokowi dan Prabowo bertemu Wakil Presiden ke-6 RI tersebut.

Baca Juga: Usai Try Sutrisno, Pimpinan MPR Segera Temui Mega, SBY, JK hingga Amien Rais: Serap Masukan buat Prabowo

"Sikap Presiden Jokowi & Presiden Terpilih Prabowo terhadap Jend. TNI (Purn) Try Sutrisno Wapres 1993-1998," keterangan akun X tersebut, dikutip Senin (7/10/2024).

Di video pertama, tampak momen saat Prabowo bertemu dengan Try Sutrisno. Menteri Pertahanan itu terlihat menjabat tangan Try Sutrisno.

Tak hanya itu, Prabowo juga turut membenahi satyalencana dan memberikan hormat kepada Wakil Presiden ke-6 RI tersebut.

Selanjutnya, di video kedua, tampak momen Jokowi tiba di lokasi HUT ke-79 TNI. Ia terlihat menghampiri dan menjabat tangan Jusuf Kalla dan Boediono.

Ayah Gibran Rakabuming Raka itu juga turut bersalaman dengan Sinta Nuriyah dan Yenny Wahid yang saat itu duduk tak jauh dari Try Sutrisno

Dalam video tersebut, Jokowi terlihat tak menyalami Try Sutrisno. Padahal saat itu Wakil Presiden ke-6 RI itu sudah berdiri dari duduk karena dilewati Jokowi.

Perbedaan sikap Jokowi dan Prabowo saat bertemu Try Sutrisno ini kemudian menjadi perdebatan. Tak sedikit warganet yang menyentil adab Jokowi.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #soal #viral #jokowi #tidak #menyalami #sutrisno #istana #beberkan #fakta

KOMENTAR