Pelatihan Cakap Literasi Digital Tribun Academy, Ribuan Perwira TNI AD Intip Dapur Pemberitaan
Wakil Direktur Pemberitaan Tribun Network Domuara D Ambarita memberikan pelatihan bertajuk Kartika Cakap Literasi Digital kepada perwira TNI Angkatan Darat, Jumat (26/1/2024) di Hotel Aston Grogol Jakarta. 
15:25
26 Januari 2024

Pelatihan Cakap Literasi Digital Tribun Academy, Ribuan Perwira TNI AD Intip Dapur Pemberitaan

- Tribun Academy berkolaboasi dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) untuk menggelar pelatihan bertajuk Kartika Cakap Literasi Digital pada Kamis (25/1/2024) sampai Jumat (26/1/2024).

Pelatihan ini terbagi menjadi lima sesi, di mana hari pertama terdapat tiga sesi dan hari kedua terdapat dua sesi.

Di setiap sesinya, disuguhkan tema yang berbeda-beda oleh para narasumber.

Pada hari pertama, tema yang diangkat ialah Disinformasi, Black Campaign, dan Jurnalisme Solusi.

Kemudian pada hari kedua, para peserta mendapat pelatihan dengan tema Jurnalistik: Isi Dapurnya Berita dan Rahasia Terampil Berbicara yang disampaikan oleh Jurnalis Kompas TV, Audrey Chandra.

Selain itu, pada sesi selanjutnya di hari kedua, Manager Tribun Video, Mohamad Yoenus menyampaikan tema Video Production dan Dokumenter.

Pada tema Jurnalistik: Isi Dapurnya Berita dan Rahasia Terampil Berbicara, para peserta mendapat kesempatan untuk mengintip dapur pemberitaan media massa.

Mereka mendapatkan materi mengenai perbedaan jurnalis media massa dengan citizen journalist, alur penyajian berita ke publik, gaya bebicara di depan publik, dan sebagainya.

Tak hanya dibekali teori, para peserta juga diminta untuk mempraktikannya, terutama bagaimana menghadapi pertanyaan-pertanyaan awak media.

"Kita penting untuk siapapun bisa berbicara. Jangan takut sama media karena kita ini kawannya bapak dan ibu," ujar Audrey Chandra saat mengisi materi Jurnalistik: Isi Dapurnya Berita dan Rahasia Terampil Berbicara.

Sedangkan pada tema Video Production dan Dokumenter, para peserta mendapat teori mengenai video platform & content type, viewers & fans, angle, produksi video, serta apa saja yang boleh dan tak boleh dilakukan.

Materi video production ini menjadi penting, mengingat dunia digital yang terus berkembang.

"Digital itu berubah-ubah. Baru 5 tahun lalu kita adaptasi di online, tiba-tiba di video. Nah setelah video, kita tidak akan tahu platform apa yang berkembang kemudian," kata Mohamad Yoenus dalam memberikan materinya kepada para peserta pelatihan.

Setelah pelatihan ini, nantinya akan ada monitoring dan konsultasi selama 12 bulan.

Monitoring akan dilakukan terhadap produksi pemberitaan dan video dari segi kuantitas dan kualitas di setiap unit.

"Kami akan bukan saluran komunikasi online email atau WA. Kami sungguh punya tanggung jawab moral. Bapak ibu kalau bisa sampai level Babinsa bisa memprodukai konten menarik sehingga bisa berpotensi virar," ujar Wakil Direktur Pemberitaan Tribun Network Domuara D Ambarita.

Dengan adanya pelatihan yang berkelanjutan ini, diharapkan kerja-kerja baik TNI AD dapat diketahui masyarakat dengan segera.

"Moga-moga dengan pelatihan ini bisa memberikan kemampuan baru bagi TNI untuk berkomunikasi, mengabarkan kebaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Itu hal yang luar biasa," ujar CEO Tribun Network, Dahlan Dahi.

Kadispenad, Brigadir Jenderal TNI Kristomei Sianturi menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan atensi dari KSAD, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Segala yang diperoleh dari pelatihan ini pun diharapkan dapat dikembanhkan di unit masing-masing.

"Ini atensi dari bapak KSAD bahwa setiap perwira harus bisa berhadapan, how to handle media. Dimulai dari bagaimana kita berbicara sampai apa sih tantangan di era terkini. Saya harap ketika pulang ke kesatuan masing-masing untuk dikembangkan," katanya.

Sebagai informasi, pelatihan ini dihadiri oleh 150 peserta di Hotel Aston Grogol Jakarta.

Ratusan perwira TNI Angkatan Darat mendapat pelatihan bertajuk Kartika Cakap Literasi Digital, Jumat (26/1/2024) di Hotel Aston Grogol Jakarta. Ratusan perwira TNI Angkatan Darat mendapat pelatihan bertajuk Kartika Cakap Literasi Digital, Jumat (26/1/2024) di Hotel Aston Grogol Jakarta. (Tribunnnews.com)

Selain itu terdapat juga peserta yang hadir di 812 titik saluran daring aktif melalui aplikasi Zoom di mana banyak di antaranya mengikuti acara secara bersama-sama.

Acara tersebut dihadiri para Kepala Penerangan Kodam, Kepala Penerangan Korem, jajaran Kodam Jaya, jajaran Kodam III/Siliwangi, dan jajaran Kostrad.

Kemudian acara tersebut juga diikuti secara luring oleh perwira di jajaran Kodam, Korem, Brigif, Resimen, Kodim dan Danramil, Batalyon, serta Badan Pelaksana di tingkat Kodam, sehingga jumlahnya mencapai ribuan peserta luring dan daring.

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #pelatihan #cakap #literasi #digital #tribun #academy #ribuan #perwira #intip #dapur #pemberitaan

KOMENTAR