Viral Penumpang Etihad Airways Gagal Terbang karena Kelebihan Muatan Kabin, Berikut Aturan yang Sesuai
Penumpang maskapai Etihad Airways viral di media sosial. (Tangkapan layar TikTok)
19:08
25 Januari 2024

Viral Penumpang Etihad Airways Gagal Terbang karena Kelebihan Muatan Kabin, Berikut Aturan yang Sesuai

  -  Viral di media sosial video seorang penumpang pesawat Etihad Airways gagal terbang. Awalnya ia menangis dan mengaku mendapat perlakuan kasar dari petugas garbarata hingga menyebabkan gagal terbang. Namun kemudian, perempuan tersebut mengaku digagalkan terbang oleh petugas karena mengalami kelebihan muatan kabin.    Padahal dia sudah meminta kepada petugas agar dirinya diperbolehkan kembali ke lounge bandara untuk menitipkan barangnya tapi tidak diperbolehkan. Dalam video tersebut, tidak menyebutkan lebih detail soal tempat kejadian hingga rute penerbangan mana yang telah dipesan.   "Akhirnya dibatalin, sepihak oleh Etihad. Padahal saya hanya minta waktu sebentar, lari, barang-barang ditaruh, dititipin di lounge," kata perempuan itu dalam video yang diunggah akun TikTok is.tyy_.  

  Lalu, sebetulnya berapa bagasi yang diperbolehkan dibawa penumpang Etihad Airways? cek ketentuannya.   Mengutip laman resmi perusahaan, Etihad Airways memiliki sejumlah ketentuan terkait bagasi kabin. Barang-barang yang melebihi ketentuan ini harus melalui proses check-in bagasi atau penumpang akan dikenakan biaya excess baggage fee.   Untuk kelas ekonomi, penumpang hanya diperbolehkan membawa satu tas ke dalam kabin dengan berat maksimal 7 kilogram dan tidak boleh berukuran lebih dari 56 cm x 36 cm x 23 cm. Tas yang dimaksud termasuk bawaan yang berisi laptop dan jika melebihi batas ketentuan akan dikenakan biaya tambahan.   Sementara untuk kelas bisnis, first class, dan The Residence, penumpang dapat membawa dua buah tas dengan total berat maksimal hingga 12 kilogram. Namun, kedua tas tersebut tidak boleh berukuran lebih besar dari 56 cm x 36 cm x 23 cm.   Penumpang pada ketiga kelas ini diperbolehkan membawa 1 barang pribadi tambahan, seperti tas laptop, dengan berat maksimal 5 kilogram. Namun, ukuran tas tersebut tidak boleh melebihi 23 cm x 39 cm x 19 cm.   Sementara itu, jika penumpang membawa anak di atas umur 2 tahun, ketentuan bagasi pesawat berlaku normal sesuai dengan kelas pelayanannya. Bayi pada rentang umur 7 bulan hingga 23 bulan diperbolehkan membawa 1 tas ke kabin dengan berat maksimal 5 kilogram.   Adapun, penumpang juga diperbolehkan membawa 1 unit kereta dorong bayi (stroller), carrycot, atau kursi mobil khusus bayi. Namun, alat tersebut tidak boleh berukuran lebih dari 115 cm baik dari sisi panjang, lebar, maupun tinggi dan memiliki berat maksimal 7 kilogram. Jika terlalu besar untuk kabin pesawat, maka kereta dorong tersebut harus melalui proses check in.   Untuk diketahui, kelebihan bagasi Etihad Airways per kilogram dapat bervariasi disesuaikan berdasarkan rute, kelas penerbangan, dan waktu penerbangan. Umumnya, biaya kelebihan bagasi etihad airways adalah sekitar USD 25 - USD 40 per kilogram atau setara dengan Rp 395.750 - Rp 633.200 untuk penerbangan jarak jauh.  

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #viral #penumpang #etihad #airways #gagal #terbang #karena #kelebihan #muatan #kabin #berikut #aturan #yang #sesuai

KOMENTAR