Polri Siapkan Aturan hingga SDM soal Usulan Pembentukan Direktorat Siber di 8 Polda
Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Erdi Chaniago. 
12:41
24 Januari 2024

Polri Siapkan Aturan hingga SDM soal Usulan Pembentukan Direktorat Siber di 8 Polda

Polri menyebut usul pembentukan Direktorat Siber di 8 Kepolisian Daerah (Polda) sudah disetujui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Terkait itu, Polri saat ini tengah menyusun langkah-langkah selanjutnya dengan melakukan harmonisasi atas usulan tersebut.

"Jadi surat untuk dari Menpan-RB itu sudah ada surat persetujuannya dan ini sekarang dari Polri tinggal untuk menindaklanjuti terkait dengan harmonisasi itu, langkahnya harmonisasi dulu," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Erdi Chaniago dalam keterangannya, Rabu (24/1/2024).

Harmonisasi yang dimaksud adalah dengan melakukan sosialisasi dari Mabes Polri ke Polda-polda yang akan dibentuk Direktorat Siber.

Selain itu, Erdi mengatakan pihaknya juga akan mulai melakukan penyusunan aturan hingga soal sumber daya manusia (SDM).

"Kemudian ada peraturan-peraturan kepolisiannya itu disiapkan dulu, sumber daya organisasi tersebut kita siapkan, sarana prasarananya serta anggarannya," tambah dia.

Berikut 8 Polda yang akan dibentuk Direktorat Siber:

1. Polda Metro Jaya

2. Polda Jawa Barat

3. Polda Jawa Tengah

4. Polda Jawa Timur

5. Polda Sumatera Utara

6. Polda Bali

7. Polda Sulawesi Tengah

8. Polda Papua

Untuk informasi, usulan pembentukan Direktorat Siber diungkapkan oleh Karowassidik Bareskrim Polri Brigjen Iwan Kurniawan.

Saat itu, ada 9 Polda yang diusulkan agar ada Direktorat Siber tergantung dari kerawanan yang ada untuk menampung kejahatan siber yang jumlahnya sangat banyak.

"Sebenarnya kalau kita menghadapi Gakkum soal online-online ini tidak ada kesulitan dalam pengungkapan dan prosesnya. Tapi karena banyaknya kasus ini, kendala kita adalah bagaimana sekarang penyidik kami yang bertugas di siber ini masih terbatas," kata Iwan dalam tayangan YouTube Menkominfo RI, Senin (21/8).

"Sehingga nanti ada pengembangan Dirtipidsiber di beberapa wilayah. Ke depan mungkin di Indonesia akan dibentuk di 9 wilayah," sambungnya.

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #polri #siapkan #aturan #hingga #soal #usulan #pembentukan #direktorat #siber #polda

KOMENTAR