Ditanya Soal Keberpihakan di Pilpres, Jokowi Tanya Balik Wartawan
Presiden Joko Widodo didampingi Menhan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Jenderal Agus Subianto saat memberikan keterangan pers di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024).(Kompas.com/ Dian Erika)
10:02
24 Januari 2024

Ditanya Soal Keberpihakan di Pilpres, Jokowi Tanya Balik Wartawan

- Presiden Joko Widodo memberikan tanggapannya saat ditanya keberpihakannya ke pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) tertentu dalam kontestasi Pilpres 2024 ini.

Namun, tanggapan yang diberikan Presiden adalah bertanya balik kepada wartawan.

"Itu yang mau saya tanya, memihak enggak?" ujar Jokowi sambil tertawa saat memberikan keterangan pers di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024).

Lalu, wartawan juga bertanya apakah Kepala Negara akan berkampanye untuk pasangan capres-cawapres tertentu di pemilu ini.

Presiden Jokowi pun menyatakan boleh saja dia berkampanye asalkan tidak memakai fasilitas negara.

"Ya boleh saja saya kampanye tapi yang penting tidak gunakan fasilitas negara," tuturnya.


Sementara itu, saat dimintai penegasan apakah dirinya akan mengambil kesempatan untuk memihak sekaligus berkampanye dalam Pilpres 2024, Jokowi tak menjawab detail.

"Ya nanti dilihat," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa seorang Presiden boleh melakukan kampanye dalam kontestasi pemilu.

Presiden juga boleh memihak kepada calon tertentu yang sedang berkontestasi.

Namun, apakah kampanye itu direalisasikan atau tidak menjadi pilihan masing-masing individu presiden.

"Jangan di ini loh, (dibilang) Presiden enggak boleh berkampanye, boleeeh. Itu boleh. Memihak juga boleh. Tapi kan dilakukan atau tidak dilakukan itu terserah individu masing-masing," tegasnya.

Editor: Dian Erika Nugraheny

Tag:  #ditanya #soal #keberpihakan #pilpres #jokowi #tanya #balik #wartawan

KOMENTAR