Inspeksi Pasukan saat Upacara HUT ke-79 TNI, Presiden Jokowi Kelilingi Monas Naik Maung Pindad
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginspeksi pasukan dalam upacara HUT ke-79 TNI di Lapangan Monas Jakarta Pusat, Sabtu (5/10). (YouTube Sekretariat Presiden)
09:16
5 Oktober 2024

Inspeksi Pasukan saat Upacara HUT ke-79 TNI, Presiden Jokowi Kelilingi Monas Naik Maung Pindad

 

– Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai inspektur upacara HUT ke-79 TNI memeriksa pasukan di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat hari ini, Sabtu (5/10).

Jokowi memeriksa ribuan prajurit TNI yang berbaris rapi di sekeliling lapangan Monas menggunakan kendaraan taktis (rantis) buatan dalam negeri, Maung Pindad

Pemeriksaan pasukan tersebut berbeda dengan pemeriksaan pasukan dalam upacara peringatan HUT TNI di tahun-tahun sebelumnya, kali ini Presiden Jokowi memeriksa ribuan prajurit TNI di sekeliling Monas. Bukan hanya di satu sisi atau bagian Monas. Pemeriksaan pasukan juga berlangsung lebih lama dari biasanya.

Dalam pemeriksaan pasukan itu, Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Komandan Upacara Mayjen TNI Djon Afriandi.

Dalam tugas sehari-hari, Mayjen TNI Djon Afriandi bertugas sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus). Dia adalah lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1995. Usai memeriksa pasukan, Presiden Jokowi menyampaikan amanatnya di hadapan seluruh prajurit TNI.

Selain mengucapkan dirgahayu untuk TNI, Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI yang sudah membantunya selama 10 bertugas sebagai presiden. ”TNI harus terus memperbaiki diri, terus mengikuti perkembangan zaman,” pesan Jokowi.

Tahun ini TNI menyelenggarakan HUT ke-79 secara besar-besaran. Mereka mengerahkan 100 ribu prajurit dan lebih dari seribu alutsista untuk tampil di Lapangan Silang Monas.

Mengangkat tema TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju, acara puncak HUT ke-79 TNI juga dihadiri oleh Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto. 

Editor: Bayu Putra

Tag:  #inspeksi #pasukan #saat #upacara #presiden #jokowi #kelilingi #monas #naik #maung #pindad

KOMENTAR