Apresiasi Kapolri Sigit, Irjen Andry Kemenko Polhukam Dorong Polwan Berperan di Direktorat PPA dan TPPO
Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kemenko Polhukam Irjen. Pol. Andry Wibowo. (Mabes Polri)
18:48
3 Oktober 2024

Apresiasi Kapolri Sigit, Irjen Andry Kemenko Polhukam Dorong Polwan Berperan di Direktorat PPA dan TPPO

- Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kemenko Polhukam Irjen. Pol. Andry Wibowo, menekankan pentingnya peran polisi wanita (polwan) dalam pencegahan tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Menurutnya, pembentukan Direktorat PPA dan TPPO merupakan langkah maju dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo. Langkah ini menunjukkan komitmen Polri dalam menangani kasus-kasus human trafficking.

“Langkah ini adalah bukti bahwa Polri ada di garis depan dalam mitigasi kasus perdagangan manusia. Sistem ini tentu harus terus dikembangkan ke depannya,” ujarnya dalam sarasehan peringatan HUT Polwan, Kamis (3/10).

Irjen Andry juga menambahkan bahwa SDM yang tepat dengan kompetensi mumpuni harus mengisi direktorat baru ini. Ia menyebutkan, polwan yang berjumlah 30% dari keseluruhan anggota kepolisian perlu mendapat peran penting dalam direktorat ini.

“Membangun kapasitas polwan menuju ‘World Class Women Police’ juga menjadi target yang harus diwujudkan. Kami berharap bisa membentuk akademi polisi khusus polwan di masa depan,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga membuka kemungkinan untuk membangun akademi polisi wanita yang terpisah dari akademi polisi umum saat ini, lengkap dengan kurikulum, tenaga pengajar, dan pelatihan khusus untuk menangani kasus di Direktorat PPA dan TPPO.

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #apresiasi #kapolri #sigit #irjen #andry #kemenko #polhukam #dorong #polwan #berperan #direktorat #tppo

KOMENTAR