Acara Puncak HUT ke-79 TNI di Monas 5 Oktober 2024, TNI Pastikan Sangat Meriah
Sejumlah prajurit TNI AD dari Batalyon Infranteri (Yonif) penyangga daerah rawan (PDR) mengikuti upacara peresmian Yonif PDR di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta, Rabu (2/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
17:16
3 Oktober 2024

Acara Puncak HUT ke-79 TNI di Monas 5 Oktober 2024, TNI Pastikan Sangat Meriah

  - Penanggung Jawab Demo Gabungan HUT ke-79 TNI Marsekal Muda TNI Donald Kasenda, memastikan bahwa acara puncak HUT ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat pada (5/10) berlangsung sangat meriah. Keterangan itu disampaikan oleh Donald usai menyaksikan langsung gladi bersih, dalam rangkaian persiapan peringatan HUT TNI ke-79, pada Kamis (3/10). 

”Tahun ini (Peringatan HUT ke-79 TNI) sangat meriah sekali. Karena yang pertama diikuti seratus ribu prajurit ditambah dengan ribuan masyarakat, yang akan kami undang bergabung mengikuti kendaraan-kendaraan yang pawai dari Monas menuju (Jalan) Thamrin-Sudirman, menuju Senayan City dan kembali lagi berputar (ke Monas),” terang dia. 

Perwira tinggi bintang dua TNI AU itu menyampaikan bahwa nantinya pesawat Cessna akan terbang membawa banner bertuliskan Dirgahayu ke-79 TNI. Pesawat tersebut akan berputar beberapa kali di atas Monas sampai Rajawali Laut Flight dari Pusar Penerabangan Angkatan Laut (Puspenerbal) tampil. Para penerbang dari TNI AL itu akan tampil menggunakan enam pesawat Bonanza. Mereka akan bermanuver persis di depan podium. 

”Kemudian masuk parade diikuti ribuan prajurit mengelilingi Monas, menampilkan upacara yang sudah disusun kurang lebih 45 menit. Setelah parade selesai maka acara menuju defile, yaitu secara berurutan mulai dari pasukan kendaran tempur itu sekitar 40 menit,” terang dia. 

Bakal tampil juga para penerjun sebanyak 200 orang. Gabungan dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Nantinya acara tersebut akan ditutup dengan dog fight pesawat tempur F-16 dan Sukhoi milik TNI AU serta bomb burst dengan  jumlah pesawat tempur yang banyak.  ”Dan ditutup dengan high speed pass,” kata dia. 

Usai menuntaskan gladi bersih dan beberapa kali gladi kotor, Donald menyampaikan bahwa TNI sudah seratus persen siap untuk tampil unjuk kekuatan di Lapangan Silang Monas. Baik prajurit maupun alutsista. Dia mengungkapkan bahwa ribuan prajurit dan alutsista TNI sudah menjalani serangkaian latihan sampai pada gladi kotor dan gladi bersih. Meski ada kesamaan jenis alutsista yang ditampilkan dalam HUT TNI sebelumnya, namun tahun ini jumlah dan skalanya jauh lebih besar. 

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #acara #puncak #monas #oktober #2024 #pastikan #sangat #meriah

KOMENTAR