Profil Komjen Pol Nico Afinta, Mantan Kapolda Jawa Timur yang Kini Menjabat Sekjen Kemenkumham
Komjen Pol Nico Afinta dilantik sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Graha Pengayoman, Jakarta pada Selasa (24/09/24). (ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi)
10:32
26 September 2024

Profil Komjen Pol Nico Afinta, Mantan Kapolda Jawa Timur yang Kini Menjabat Sekjen Kemenkumham

- Komjen Pol Nico Afinta mendapat promosi jabatan baru sebagai Sekjen Kemenkumham RI. Sebagai anggota Korps Bhayangkara, dia telah banyak menduduki sejumlah jabatan.

Nico Afinta adalah lulusan Akpol Angkatan 1992. Dia berpengalaman dalam bidang Reserse. Bahkan sepanjang karirnya dia terbilang banyak bertugas di Polda Metro Jaya.

Nico Afinta lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 30 April 1971. Dia banyak menghabiskan masa kecilnya di Surabaya dari mulai jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Setelah itu Nico Afinta masuk Akpol dan lulus pada 1992. Dia juga pernah mengeyam pendidikan Strata 1 (Sarjana) di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Tahun 2001, Sespim Polri Tahun 2006, Strata 2 (Magister) di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Kota Bandung Tahun 2010, Strata 3 (Doktor) di Fakultas Hukum Universitas yang sama Tahun 2016.

Kemudian Sekolah Staf dan Pimpinan Tingkat Tinggi Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Sespimti Sespim Lemdiklat Polri) Tahun 2016.

Setelah lulus dari Akpol, Nico Afinta langsung bertugas di Semarang sebagai Pamapta Poltabes Semarang Polda Jateng (1992). Setelah itu dia mulai mengeyam tugas di lingkup Polda Metro Jaya.

Mulai dari Kapolsek Metro Ciputat (2000), Kasubdit V/Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya (2006), Kasubdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya (2008), dan Wadirreskrimum Polda Metro Jaya (2011).

Lalu Kapolrestabes Medan Polda Sumut (2013), Dirresnarkoba Polda Metro Jaya (2016), Dirreskrimum Polda Metro Jaya (2017), Dirtipidum Bareskrim Polri (2019), Sahlisospol Kapolri (2019), Kapolda Kalsel (2020), Kapolda Jatim (2020), Sahlisosbud Kapolri (2022), Ketua STIK Lemdiklat Polri (2023).

Nico Afinta dilantik menjadi Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI. Dia menggantikan Komjen Andap Budhi Revianto yang dipindah menjadi Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham RI.

Pelantikan dipimpin oleh Menkumham Supratman Andi Agtas di Graha Pengayoman, Ktromplek Kemenkumham RI, Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Dengan ini secara resmi saya lantik pada jabatan sebagaimana tercantum dalam surat keputusan yang sudah dibacakan," ujar Supratman.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #profil #komjen #nico #afinta #mantan #kapolda #jawa #timur #yang #kini #menjabat #sekjen #kemenkumham

KOMENTAR