RK-Suswono Awali Kampanye dengan Ziarah ke Makam Tokoh, Kutip Pernyataan Soekarno
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Paslon nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono saat Deklarasi Damai di Kota Tua, Jakarta, Selasa, (24/9/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com
10:56
25 September 2024

RK-Suswono Awali Kampanye dengan Ziarah ke Makam Tokoh, Kutip Pernyataan Soekarno

- Cagub-Cawagub Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK)-Suswono memulai masa kampanye Pilkada Jakarta 2024 dengan berziarah ke makam tokoh-tokoh yang berperan penting di Indonesia, terkhusus di Jakarta. Ziarah itu dilakukan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. 

Pilihan untuk berziarah ke makam tokoh-tokoh itu dilakukan di hari pertama kampanye, kata RK, untuk menghormati sejarah seperti yang diingatkan Presiden RI pertama Soekarno.   "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya dan Bung Karno pernah bilang jangan sekali-kali melupakan sejarah," ujarnya kepada wartawan, Rabu (25/9).  

 

  "Jadi hari ini kami mengunjungi satu almarhum Bapak Husni Thamrin, tokoh pergerakan tokoh Betawi, tokoh Jakarta dan juga pahlawan nasional," tuturnya.   Selain itu, RK juga turut berziarah ke makam Fatmawati yang merupakan ibu negara saat itu.    "Saat proklamasi dikumandangkan kebetulan dimakamkan di sini," ucapnya.   Mantan Gubernur Jawa Barat itu juga kemudian berziarah ke makam Ismail Marzuki yang merupakan pahlawan nasional sekaligus komposer besar dalam sejarah RI.    "Yqng kehormatannya dimuliakan oleh Pak Ali Sadikin, dijadikan Taman Ismail Marzuki yang kemarin saya datangi juga," ungkapnya.    Tak lupa, RK juga berziarah ke makam tokoh Betawi, Benyamin Sueb hingga Haji Lulumh    "Jadi hari ini datang dari kerja-kerja masa lalu para pahlawan dan masa depan insya Allah kita desain lebih baik karena berkaca pada isu hari ini," pungkasnya. 

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #suswono #awali #kampanye #dengan #ziarah #makam #tokoh #kutip #pernyataan #soekarno

KOMENTAR