Lima Pelaku Pembunuhan Aqila, Bocah 5 Tahun yang Wajahnya Dililit Lakban Ditangkap
Kasatreskrim Polres Cilegon, AKP Hardi Meidikson Samula memberi keterangan terkait penangkapan lima orang pelaku pembunuh Aqila, Minggu (22/9/2024). [Istimewa].
18:48
22 September 2024

Lima Pelaku Pembunuhan Aqila, Bocah 5 Tahun yang Wajahnya Dililit Lakban Ditangkap

Polisi menangkap 5 terduga pelaku penculikan dan pembunuhan anak bocah bernama Aqilatunnisa Prisca Herlan atau Aqila asal Cilegon yang ditemukan tewas dengan wajah dililit lakban di Pantai Cihara, Lebak, Banten pada Kamis (19/9/2024) lalu.

Para pelaku penculikan dan pembunuhan Aqila ditangkap di dua lokasi berbeda, pelaku RH dan SA ditangkap di sekitar Kota Cilegon pada Jumat (20/9/2024). Kemudian pelaku E, YY dan UJ ditangkap di wilayah Kabupaten Pandeglang pada Sabtu (21/9/2024).

Saat dikonfirmasi, Kasatreskrim Polres Cilegon, AKP Hardi Meidikson Samula mengatakan, dari lima pelaku yang ditangkap, satu pelaku merupakan teman ibu korban yang pernah menjadi tetangga kontrakan di Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon.

"Benar sampai saat ini kita sudah mengamankan 5 orang tersangka. Ada tiga perempuan dan dua laki-laki," katanya saat ditemui di Mapolres Cilegon, Minggu (22/9/2024).

Baca Juga: Lakban Muka Korban hingga Niat Mau Dibakar, Polisi Ngamuk ke Wanita Pembunuh Aqila: Setan Kamu, Gak Punya Hati!

"Satu tersangka kebetulan dikenal sama ibu korban, masih ada hubungan pertemanan, dulu sempat tetanggaan, tapi masih berhubungan," imbuhnya.

Hardi menyampaikan, motif para pelaku tega menculik dan membunuh korban lantaran dua pelaku berinisial RH dan SA merasa sakit hati kepada ibu korban karena ditagih utang.

Namun, ia masih enggan membeberkan secara rinci prihal kronologis penculikan dan pembunuhan terhadap korban dikarenakan menunggu press conference secara resmi oleh Polres Cilegon.

"Motifnya salah satunya itu terkait utang piutang. Nanti besok kita jelaskan lebih terperinci lagi," ujarnya.

Dari tiga perempuan dan dua laki-laki yang telah ditangkap, Hardi menegaskan, eksekutor yang tega menghabisi nyawa korban merupakan seorang perempuan berinisial E.

Baca Juga: Tewas Kondisi Muka Terlilit Lakban, Penculik Aqila Ternyata Guru Les, Tampangnya Viral usai Tertangkap

"Yang eksekutor itu dia berjenis kelamin perempuan (inisial E), tapi jelasnya nanti kita sampaikan besok pas press realease ya," tandas Hardi.

Sebelumnya, mayat anak perempuan yang diperkirakan berusia 5 tahun ditemukan tergeletak di atas bebatuan pinggir pantai dan mengenakan kaus berwarna biru toska bergambar karakter Disney, Daisy Duck.

Mayat bocah tersebut mengenakan celana panjang berwarna biru bergambar Winny The Pooh di Pantai Cihara, Kabupaten Lebak, Kamis (19/9/2024).

Terdapat persamaan ciri-ciri antara mayat yang ditemukan dengan ciri bocah perempuan yang hilang di Kota Cilegon beberapa waktu lalu.

Bocah itu adalah Aqilatunnisa Prisca Herlan, warga Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon, Banten dinyatakan hilang saat berada di rumahnya sejak Selasa (17/9/2024) siang.

Aqilatunnisa hilang di dalam rumah usai ditinggal sang ibu sebentar yang pergi menjemput sang ayah yang berada tidak jauh dari kediaman mereka.

Kontributor : Yandi Sofyan

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #lima #pelaku #pembunuhan #aqila #bocah #tahun #yang #wajahnya #dililit #lakban #ditangkap

KOMENTAR