Panglima TNI dan Kapolri Terus Pantau Pembebasan Philip sampai Diserahkan kepada Kedubes Selandia Baru
Pilot Susi Air Phillip Mark Mehrtens (tengah) dikawal petugas saat tiba di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/9/2024). (Miftahul Hayat/ Jawa Pos)
10:08
22 September 2024

Panglima TNI dan Kapolri Terus Pantau Pembebasan Philip sampai Diserahkan kepada Kedubes Selandia Baru

 

- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa bebasnya Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens pada Sabtu pagi (21/9) tidak lepas dari pantauan panglima TNI dan Kapolri. Dia menyatakan bahwa Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo terus memonitor perkembangan situasi dan kondisi pasca bebasnya Philip. 

Keterangan itu disampaikan oleh Hadi saat menyampaikan keterangan secara resmi kepada awak media di Pangkalan Udara (Lanud) TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu malam. ”Panglima TNI, Kapolri terus memantau pada saat mereka (rombongan yang membawa Philip) berangkat, dan saya diinfo oleh panglima TNI dan kapolri, pilot dalam keadaan sehat,” terang mantan panglima TNI tersebut. 

Hadi menyampaikan bahwa yang pertama kali dilakukan setelah Philip bebas memang pemeriksaan kesehatan. Itu yang paling penting bagi Pemerintah Indonesia.

Sebab, Philip sudah berada di hutan bersama OPM selama satu tahun tujuh bulan. Sehingga kondisi kesehatannya harus dipastikan lebih dulu. Baik kesehatan fisik maupun kesehatan jiwa. Hasilnya, Philip dinyatakan dalam keadaan sehat. 

Karena itu, pada hari yang sama dia langsung diterbangkan dari Timika ke Jakarta. Oleh Pemerintah Indonesia, Philip telah diserahkan kepada Pemerintah Selandia Baru melalui Kedutaan Besar Selandia Baru di Jakarta.

Hadi tidak lupa menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu hingga Philip bebas dari tangan OPM kelompok Egianus Kogoya dan bisa kembali dengan selamat. "Tentunya proses pembebasan ini adalah hasil kerja keras kita bersama dan kita patut bersyukur bahwa pilot Kapten Philip saat ini sudah kami serahkan kepada duta besar Selandia Baru dan seluruh tanggung jawab sudah berada di Bapak Dubes Selandia Baru," ujarnya.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #panglima #kapolri #terus #pantau #pembebasan #philip #sampai #diserahkan #kepada #kedubes #selandia #baru

KOMENTAR