Sepuluh Tahun Pemerintahan Jokowi, Ini Deretan Pengisi Jabatan KSAD
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
20:32
20 September 2024

Sepuluh Tahun Pemerintahan Jokowi, Ini Deretan Pengisi Jabatan KSAD

–Enam jenderal bintang empat TNI AD pernah bertugas sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mulai Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo sampai Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Jokowi beberapa kali melantik dan memberhentikan pucuk pimpinan Angkatan Darat. Berikut rincian serta gambaran singkat perjalanan para KSAD selama sepuluh tahun belakangan.

Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo

Gatot dilantik menjadi KSAD saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih menjabat. Dia menduduki kursi orang nomor satu di Angkatan Darat mulai 25 Juli 2014. Jabatan terakhirnya sebelum naik pangkat dari jenderal bintang tiga menjadi jenderal bintang empat adalah panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Gatot menggantikan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang mendapat amanah menjadi panglima TNI.

Saat menduduki posisi KSAD, Gatot yang berlatar belakang prajurit infanteri Kostrad mendapat baret Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Berbeda dengan beberapa pimpinan TNI yang mendapat brevet kehormatan Kopassus, Gatot memilih untuk ikut dalam pelatihan bersama anak buahnya. Dia menjalani setiap tahap latihan sampai tuntas. Selain karena rasa bangga dan hormatnya kepada Kopassus, Gatot turun langsung agar benar-benar mengetahui kebutuhan para prajuritnya.

Jenderal TNI (Purn) Mulyono

Saat Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo dilantik menjadi panglima TNI, Presiden Jokowi memilih Jenderal TNI (Purn) Mulyono untuk mengisi posisi KSAD. Penunjukan Mulyono menjadi KSAD secara resmi disampaikan melalui Keputusan Presiden Nomor 54/TNI Tahun 2015. Mulyono merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1983. Sebelum mendapat kepercayaan menjadi KSAD, Mulyono menempati beberapa posisi strategis di TNI AD.

Di antaranya panglima Kodam Jaya/Jayakarta pada 2014 dan panglima Kostrad pada 2015. Mulyono adalah KSAD paling awet di masa kepemimpinan Presiden Jokowi. Dia menduduki posisi tersebut selama 3 tahun 130 hari. Salah satu cerita paling mengesankan dari seorang Mulyono terjadi ketika dirinya secara terbuka menyampaikan bahwa KSAD bukan siapa-siapa. Bagi Mulyono, yang hebat adalah para prajuritnya.

Pada satu momen, jenderal bintang empat itu bahkan tidak segan-segan melepas dan melempar tanda pangkatnya di hadapan para prajurit Angkatan Darat. Saat itu, dia menegaskan bahwa seluruh prajurit TNI AD setara. Dia tidak ingin bawahan takut kepada atasan hanya karena perbedaan pangkat. Baginya, TNI AD adalah satu. Sehingga seluruh personel TNI AD harus dekat. Tidak boleh tersekat karena pangkat.

Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa

Andika Perkasa menjadi KSAD ketiga di masa pemerintahan Presiden Jokowi. Dia bertugas sebagai orang nomor satu di TNI AD selama dua tahun 360 hari. Mulai 22 November 2018 sampai 17 November 2021. Andika adalah KSAD kedua di bawah Jokowi yang kemudian mendapat promosi jabatan menjadi panglima TNI. Selama bertugas sebagai KSAD, dia melakukan beberapa terobosan yang mengubah wajah Angkatan Darat.

Oleh Andika, tes keperawanan untuk masuk TNI AD dihapus. Publik dan media massa menyorot Andika saat membantu Aprilio Perkasa Manganang. Sebelum dibantu oleh Andika, Manganang masuk TNI AD sebagai prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad). Di luar dinas militer, Manganang aktif sebagai atlet voli profesional. Dia menjadi salah satu pemain voli putri paling berprestasi di zamannya.

Semua berubah pada 2021. Lewat operasi di RSPAD Gatot Soebroto, Manganang akhirnya mendapat jawaban atas keresahan yang sudah lama mengganjal di hatinya. Dia mengetahui bahwa dirinya lahir sebagai laki-laki. Usai operasi tersebut, Manganang memulai hidup baru. Dia tidak lagi menjadi personel Kowad. Namanya yang semula Aprilia Santini Manganang diubah menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman

Nama Dudung Abdurachman masuk dalam bursa pengisi posisi KSAD, setelah dia menjadi panglima Kodam Jaya/Jayakarta pada 2020. Dudung adalah Pangdam Jaya yang langsung mengambil sikap ketika melihat baliho-baliho yang dipasang oleh Front Pembela Islam (saat ini sudah dibubarkan). Dudung memerintahkan anak buahnya mencopot dan menurunkan baliho tersebut.

Tidak sampai satu tahun bertugas sebagai Pangdam Jaya, Dudung mendapat promosi jabatan dan kenaikan pangkat. Dia menjadi panglima Kostrad ke-42. Menggantikan Letjen TNI Eko Margiyono. Pada 17 November 2021, Presiden Jokowi menunjuk Dudung menjadi KSAD. Dia bertugas selama satu tahun 342 hari. Beberapa kali Dudung menuai sorotan saat menjadi orang nomor satu di TNI AD. Diantaranya lewat isu kerenggangan hubungan antara dirinya dengan Andika.

Jenderal TNI Agus Subiyanto

Agus merupakan KSAD ketiga di bawah Presiden Jokowi yang berhasil mencapai puncak karir menjadi panglima TNI. Sampai saat ini, Agus masih bertugas sebagai panglima TNI. Dia menggantikan Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman sebagai KSAD sejak 17 November 2021. Lain dengan Jenderal TNI (Purn) Mulyono yang paling lama menduduki posisi KSAD di masa pemerintahan Jokowi, Agus adalah KSAD paling sebentar. Dia bertugas menjadi KSAD hanya satu bulan.

Setelah itu, Agus menjadi panglima TNI. Agus merupakan lulusan Akmil 1991. Dia adalah salah seorang perwira tinggi TNI AD yang berlatar belakang Kopassus. Agus pertama kali bertemu dengan Jokowi saat berdinas sebagai komandan Kodim 0735/Surakarta pada 2009-2011. Karirnya terus naik sejak  2020. Dari posisi komandan Korem 061/Surya Kencana, Agus mendapat promosi jabatan menjadi komandan Paspampres, Pangdam III/Siliwangi, wakil KSAD, dan KSAD.

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Sampai hari ini Maruli masih bertugas sebagai KSAD. Dia menjadi penerus Jenderal TNI Agus Subiyanto. Potensi naiknya Maruli menjadi KSAD sudah sering disampaikan oleh beberapa pemerhati dan pengamat militer. Apalagi setelah dia ditunjuk menjadi panglima Kostrad pada 2022-2023. Oleh Jokowi, Maruli dilantik menjadi KSAD pada 29 November 2023. Sebelum menjadi orang nomor satu di TNI AD, Maruli bertugas sebagai panglima Kostrad, Pangdam IX/Udayana, serta komandan Paspampres.

 

 

 

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #sepuluh #tahun #pemerintahan #jokowi #deretan #pengisi #jabatan #ksad

KOMENTAR