Emosi Lolly Mudah Meledak karena Tiru Tabiat Nikita Mirzani? Psikolog Anak: Bisa Banget
Nikita Mirzani (Instagram/nikitamirzanimawardi_172)
17:36
20 September 2024

Emosi Lolly Mudah Meledak karena Tiru Tabiat Nikita Mirzani? Psikolog Anak: Bisa Banget

Karakter putri Nikita Mirzani, Laura Meizani alias Lolly saat sedang marah-marah disebut sangat mirip dengan ibunya. Publik pun berasumsi kalau remaja 17 tahun itu sering dimarahi maupun menyaksikan langsung sikap marah Nikita Mirzani seperti itu, sehingga tanpa sadar menirunya atau copypaste.

Psikolog anak dan keluarga Mira Amir mengungkapkan, ekspresi Lolly saat membuat video klarifikasi di media sosial memang terlihat sangat marah. 

"Kalau dari melotot-melototnya Lolly kan itu memang penuh kemarahan gitu. Kemarahan yang terakumulasi, baik yang dia sadari ataupun yang mungkin udah merasuk ke kondisi bawah sadarnya," kata Mira kepada saat dihubungi Jumat (20/9/2024).

Nikita Mirzani (Instagram/nikitamirzanimawardi_172)Nikita Mirzani (Instagram/nikitamirzanimawardi_172)

Anak memang punya kecenderungan meniru sikap dari lingkungannya, terutama orang tua. Akan tetapi, menurut Mira, publik tak bisa langsung mengambil kesimpulan kalau luapan emosi Lolly itu ada di alam bawah sadarnya karena sering diperlakukan seperti itu.

Baca Juga: Bocor Nama Taipan Gang Ye hingga Darwin Indigo di Manifes Pesawat Jet Kaesang, Publik: Sengaja Jor-joran Service...?

"Kalau perilaku meniru jelas ada. Bahwa Loli diperlakukan begitu sama ibunya itu kita berasumsi. Itu asumsi terlalu jauh. Mungkin Nikita Mirzani bisa bilang, 'enggak, gue gak pernah gituin anak gue'. Jadi saya gak mau berasumsi seperti itu," tuturnya.

Dalam teori psikologi, anak bisa alami proses belajar yang didapatkan dari lingkungannya atau disebut juga social learning. Akan tetapi, tidak selalu proses pembelajaran tersebut didapat ibunya .

"Terjadi proses meniru dari ibunya, bisa banget. Bahwa ibunya memperlakukannya seperti itu kita belum tau. Saya tidak bisa mengkonfirmasi hal tersebut," katanya. 

Tudingan tersebut juga telah dijawab oleh Nikita Mirzani sendiri. Ibu tiga anak itu menyangkal tudingan netizen yang menyebut tabiat tantrum Lolly akibat meniru darinya. 

Menurut Nikita Mirzani, sebagai ibu, dia sudah mencontohkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Meskipun tidak sempurna, Nikita mengklaim dirinya ibu yang baik untuk Lolly dan adik-adiknya.

Baca Juga: Mahasiswa Muhammadiyah Minta KPK Serius Tanggapi Klarifikasi Kaesang: Agar Keriuhan Publik Segera Terjawab

"Gue kasih tahu ya, gue nggak pernah ngajarin anak gue yang enggak-nggak," kata Nikita Mirzani dalam unggahan pesan suara yang diunggah ulang akun Instagram @rumpi_gosip, Jumat.

Nikita juga mengatakan dia selalu berusaha mencukupi kebutuhan anak-anaknya, baik dari segi materi, agama, hingga kasih sayang.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #emosi #lolly #mudah #meledak #karena #tiru #tabiat #nikita #mirzani #psikolog #anak #bisa #banget

KOMENTAR