TNI AU akan Kerahkan 148 Pesawat Hingga 15 Ribu Pasukan Meriahkan HUT Ke-79 TNI
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono saat ditemui di Lapangan Tembak Djamsuri, Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Jumat (20/9/2024). 
10:51
20 September 2024

TNI AU akan Kerahkan 148 Pesawat Hingga 15 Ribu Pasukan Meriahkan HUT Ke-79 TNI

- Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono mengatakan pihaknya telah menyiapkan personel dan alutsista baik untuk demo di darat maupun demo udara.

Hal ini sesuai perintah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto terkait peringatan HUT Ke-79 TNI pada 5 Oktober mendatang yang akan dipusatkan di Monas Jakarta Pusat.

Terkait demo udara, kata dia, TNI AU sendiri telah menyiapkan 148 pesawat selain pesawat cadangan.

Sementara itu, TNI AL juga akan mengerahkan 15 pesawatnya dalam demo udara tersebut.

Sedangkan TNI AD akan mengerahkan 18 pesawatnya.

Sehingga total ada 181 pesawat dari tiga matra TNI yang akan melakukan demo udara.

"Untuk demo udara kita mengerahkan semua kekuatan pesawat Angkatan Udara yang siap, yang bisa terbang sejumlah 148 pesawat, di luar yang cadangan," kata Tonny saat ditemui di Lapangan Tembak Djamsuri, Halim Perdanakusuma Jakarta Timur Jumat (20/9/2024).

Tidak hanya itu, kata dia, TNI AU juga akan mengerahkan 15 ribu personelnya untuk memeriahkan HUT Ke-79 TNI yang berpusat di Monas Jakarta Pusat.

TNI AU juga akan menggelar kendaraan taktis dan kendaraan tempurnya dalam defile atau pawai yang akan digelar usai upacara peringatan HUT Ke-79 TNI di Monas.

"Untuk seluruh Anggota yang akam dikerahkan ada 15 ribu anggota dari Angkatan Udara sendiri, belum dari satuan-satuan lain baik dari Angkatan Laut, maupun Angkatan Darat," kata dia.

Total 100 Ribu Prajurit dan Pawai 4 Km

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 100 ribu prajurit TNI akan dilibatkan dalam acara peringatan HUT Ke-79 TNI di kawasan Monas Jakarta Pusat.

Danpuspom TNI Mayjen Yusri Nuryanto mengatakan peringatan HUT TNI Ke-79 pada 5 Oktober 2024 mendatang akan dipusatkan di kawasan Monas Jakarta Pusat.

Yusri juga mengatakan baru kali ini peringatan HUT TNI di Monas akan melibatkan 100 ribu prajurit TNI.

Yusri mengatakannya usai Apel Gelar Personel dan Materiil Pengawalan Pengendalian Lalu Lintas dan Parkir (Waldallakir) Dalam Rangka HUT Ke 79 TNI Tahun 2024, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (19/9/2024).

"Jadi perlu saya sampaikan, bahwa nanti kegiatan ini akan melibatkan kurang lebih 100 ribu prajurit TNI. Di mana kegiatannya akan terpusat di Monas," kata Yusri kepada wartawan di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (19/9/2024).

Yusri mengatakan setelah upacara peringatan HUT Ke-79 TNI di Monas, nantinya akan digelar juga pawai alutsista.

Panjang pawai tersebut, kata Yusri, diperkirakan mencapai 4 Km.

"Setelah upacara nanti akan diadakan pawai jadi pawai kendaraan dan alutsista. Panjang pawainya sekitar 4 Km, dan itu menggunakan rute dari Monas menuju Thamrin, Sudirman, Patung Pemuda putar balik kembali lagi ke Monas," kata Yusri.

Dirinya juga mengatakan pada saat pawai alutsista tersebut sejumlah ruas jalan kemungkinan akan ditutup sementara.

Jalan yang ditutup, kata Yusri, terutama perempatan Kebon Sirih, Sarinah, dan Bundaran HI.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dishub atau Polda Metro Jaya terkait rekayasa lalu lintas tersebut.

"Tapi mungkin tidak akan lama ya, dari awal kita sudah sampaikan permohonan maaf apabila nantinya ada ketidaknyamanan, sementara lah kan tidak akan lama," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, pada untuk puncak peringatan HUT ke-79 TNI pada 5 Oktober pihaknya telah menyiapkan sejumlah kantong parkir.

Ia mengimbau bagi masyarakat yang ingin menghadiri kegiatan tersebut dengan membawa kendaraan kecil dapat memanfaatkan kantong-kantong parkir di sekitar Monas.

Sedangkan untuk kendaraan besar, kata Yusri, pihaknya telah menyiapkan kantong parkir di area PRJ Kemayoran, dan kantong parkir PPD di kawasan Senen.

"Sudah kita perkirakan kalau truk dan bus berjumlah 3 ribu kita masih bisa melayani tempat-tempat itu," kata Yusri.

Jumlah personel yang terlibat dalam Waldallakir tersebut sebanyak 650 personel.

Mereka terdiri dari Gabungan POMAD 175 personel, gabungan POMAL 150 personel, gabungan POMAU 50 Personel, Polri 150 Personel, Dishub 50 Personel, Satpol PP 50 Personel, dan Pamdal Monas 25 Personel.

Jadwal Rangkaian Kegiatan

Rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-79 TNI tersebut telah dimulai sejak 1 September 2024.

Kegiatan tersebut antara lain:

  • Tanggal 1 sampai  20 September 2024: Latihan parade dan defile di Monas dan Halim.
  • Tanggal 21 sampai 22 September 2024 (Sabtu-Minggu): Matra fair, makan gratis, kesehatan gratis, pameran Alutsista, fun bike, Panglima TNI Run, panggung hiburan, pembagian Sembako, pameran mobil/motor antik, klasik, campervan, moge, vespa, LC defender.
  • Tanggal 29 sampai 30 September 2024 (Minggu-Senin): Geladi kader/kotor 2 di Monas.
  • Tanggal 2 sampai 3 Oktober 2024 (Rabu-Kamis): Gladi bersih 1 di Monas, dilanjutkan doa bersama di Mabes TNI pada sore hari.
  • Tanggal 4 Oktober 2024 (Jumat): Ziarah ke TMP Kalibata.
  • Tanggal 5 Oktober 2024 (Sabtu): Upacara parade dan defile HUT ke-79 TNI di Monas.
Editor: Dewi Agustina

Tag:  #akan #kerahkan #pesawat #hingga #ribu #pasukan #meriahkan

KOMENTAR