Sepuluh Tahun Pemerintahan Jokowi, Ini Deretan Pengisi Jabatan Panglima TNI
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memberikan sambutan dalam peringatan HUT ke-79 TNI AL pada Selasa (10/9). (Dispenal)
08:48
20 September 2024

Sepuluh Tahun Pemerintahan Jokowi, Ini Deretan Pengisi Jabatan Panglima TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri dua periode kepemimpinannya pada 20 Oktober 2024. Jokowi bakal digantikan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Selama bertugas sebagai kepala negara, Jokowi sudah merasakan bekerja sama dengan enam orang panglima TNI. Lima diantaranya dilantik langsung oleh Jokowi.

Berikut daftar lengkapnya:

Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa 

Andika merupakan panglima TNI ke-21. Oleh Jokowi dia dilantik  pada 17 November 2021. Dia bertugas selama satu tahun 32 hari. Andika adalah panglima TNI yang dinilai progresif. Namun tidak lepas dari polemik. Sejumlah isu sempat terdengar ketika Andika memegang tongkat komando tertinggi di TNI. 

Diantaranya kabar soal perseteruan antara dirinya dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) saat itu, Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman. Menjadi bagian dalam tim yang berada di belakang pasangan Ganjar Pranowo-Mohammad Mahfud MD dalam pilpres 2024, kini Andika ditunjuk oleh PDIP untuk bertarung dalam pilkada di Jawa Tengah. 

Laksamana TNI (Purn) Yudo Margono

Bila Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto adalah panglima TNI terlama di era Presiden Jokowi, Yudo adalah kebalikannya. Perwira tinggi bintang empat yang berasal dari Angkatan Laut tersebut adalah panglima TNI yang masa tugasnya paling sedikit. Yudo dilantik pada 19 Desember 2022, dia kemudian menanggalkan jabatannya pada 22 November 2023. 

Tidak sampai setahun bertugas menjadi panglima TNI, namun kiprahnya sebagai panglima TNI yang berasal dari Angkatan Laut tetap diingat. Yudo adalah panglima TNI yang secara terbuka menangani kasus-kasus hukum di institusi militer. Bahkan saat perwira tinggi bintang tiga terjerat kasus korupsi, dia tidak menutup diri. Di luar itu, Yudo dikenal sebagai panglima TNI yang sangat mencintai seni dan budaya, khususnya wayang. 

Jenderal TNI Agus Subiyanto

Sebagai pengganti Laksamana TNI (Purn) Yudo Margono, sampai hari ini Agus masih menempati posisi panglima TNI. Dia akan menjadi panglima TNI yang mengantarkan Jokowi sampai menuntaskan masa bakti sebagai presiden. Seperti Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, Agus sudah bertemu Jokowi sejak masih bertugas di Solo. 

Karirnya sebagai seorang jenderal Kopassus melejit sejak dipercaya menjadi komandan Korem 061/Surya Kencana pada 2020. Sejak saat itu, dia terus naik pangkat dan mendapat promosi jabatan. Agus menjadi komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada 2020-2021. Kemudian menjadi panglima Kodam III/Siliwangi pada 2021-2022. Menjadi wakil KSAD pada 2022-2023. Menjadi KSAD pada 2023. Dan dilantik menjadi panglima TNI ke-23 pada 22 November 2023. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #sepuluh #tahun #pemerintahan #jokowi #deretan #pengisi #jabatan #panglima

KOMENTAR