Apa Arti Nebeng yang Sebenarnya? Klarifikasi Kaesang di KPK Soal Jet Pribadi Bikin Tambah Bingung
Video Kaesang dan Erina kepergok belanja tas Dior pakai jet pribadi. (Tangkapan layar/X) - Apa Arti Nebeng yang Sebenarnya? Klarifikasi Kaesang di KPK Soal Jet Pribadi Bikin Tambah Bingung
12:52
18 September 2024

Apa Arti Nebeng yang Sebenarnya? Klarifikasi Kaesang di KPK Soal Jet Pribadi Bikin Tambah Bingung

Kaesang Pangarep akhirnya buka suara terkait dugaan gratifikasi atas penggunaan jet pribadi ke Amerika Serikat. Kaesang menuturkan bahwa ia hanya nebeng ke temannya yang kebetulan punya jet pribadi. Lantas, apa arti nebeng yang sebenarnya?

Arti kata nebeng yang disebutkan oleh Kaesang ini menjadi semakin rancu. Pasalnya, Kaesang diketahui naik jet pribadi tidak bersama sang teman yang berinisial Y ini. Hal itu membuat berdebatan soal arti nebeng pun ramai dibahas warganet.

Perlu diketahui, Kaesang menyambangi kantor KPK pada Selasa (17/9/2024) dan mengklarifikasi kehebohan soal penggunaan jet pribadi saat beberapa waktu lalu melakukan perjalanan ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono.

KPK pun menjelaskan bahwa di dalam pesawat jet tersebut teman Kaesang tidak ikut. maka wajar banyak orang mempertanyakan makna kata nebeng yang dilontarkan anak Jokowi.

Baca Juga: Kaesang Datang ke Kantor KPK Klarifikasi Soal Jet Pribadi, Ngaku Nebeng Pesawat Teman

Para Ahli Berdebat 

Mengenai hal tersebut, Ahli Telematika Roy Suryo berdebat dengan Ahli Hukum Tata Negara Prof. Andi Asrun. Keduanya memiliki pandangan berbeda tentang makna "nebeng" yang digunakan oleh Kaesang.

Roy Suryo awalnya mengatakan bahwa jika disebut nebeng, maka pemilik jet pribadi itu seharusnya ikut terbang bersama Kaesang, Erina Gudono, saudara Erina, dan ADC.

Prof. Andi Asrun segera membantah pernyataan Roy Suryo. Menurutnya, "nebeng" juga bisa berarti bahwa pemilik jet pribadi tidak serta merta ikut serta. Namun hanya menyuruh pilot untuk menerbangkan pesawat tersebut.

Perdebatan ini terjadi dalam acara TV bertajuk Rakyat Bersuara yang tayang pada 17 September 2024.

Effendi Gazali, Pakar Komunikasi Politik yang juga hadir dalam forum tersebut pun sampai membuka kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) untuk mencari arti nebeng yang sebenarnya.

Baca Juga: Cuma Rp90 Juta, Kesaksian Kaesang Pangarep soal Jet Pribadi Menggelitik: Jadinya Beli, Sewa, Atau Nebeng Teman?

"Saya buka KBBI, nebeng itu ikut serta (makan, naik kendaraan, dan sebagainya) dengan tidak usah membayar. Kalau nebeng pemilik harus ikut," ujar Effendi.

Arti Kata Nebeng yang Sebenarnya

Menurut situs Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nebeng artinya ikut serta (makan, naik kendaraan, dan sebagainya) dengan tidak usah membayar.

Istilah nebeng pun ada dalam bahasa Inggris yang mana diterjemahkan dalam kata "Hitchhiking", "thumbing", "hitching", "autostop". Namun dalam budaya barat, nebeng biasanya diberikan kepada orang asing yang ingin meminta tumpangan dengan mobil atau kendaraan lain.

Biasanya, tumpangan ini gratis, tetapi tidak selalu. Menurut Vocabulary.com, Hitchhiking artinya mendapat tumpangan gratis dari mobil yang lewat. Meskipun memberikan tumpangan gratis kepada orang asing di jalan tapi hal ini lumrah dalam kultur budaya Eropa dan Amerika.

Dengan cara nebeng atau Hitchhiking, seseorang bisa lebih menghemat biaya perjalanan. Meskipu begitu ada beberapa aspek risiko yang mengintai, misalnya penculikan, tindak pelecehan hingga kekerasan fisik karena bertemu dengan orang asing.

Warganet Heran

Sementara itu di platform media sosial X (sebelumnya Twitter), warganet pun ramai-ramai mendiskusikan arti kata "nebeng". Seseorang bisa dikatakan nebeng jika si pemilik kendaraan ikut serta dalam perjalanan tersebut.

"Tadi kebetulan dari kampus Jatinangor ke kampus Bandung, saya mengajak 2 teman saya ikutan naik mobil saya. Mereka nebeng mobil saya. Alias saya yg punya mobil juga ada di dalam mobil. hanya sekedar memperjelas arti nebeng itu apa," tulis akun @Ersa*****.

"Nebeng itu kalau ada pemiliknya, kalau tidak ada pemiliknya dan bukan jepri sewaan arti  gratifikasi," tulis akun @MgmP***.

"Nebeng itu misalnya @Budi****** pas ke Jakarta naik mobil sy buat ke tempat @irwnd**** karena sy memang ada keperluan ke sana juga. Kalau temennya ga ikut namanya bukan nebeng, tapi minjem private jet," tulis akun @vinc***.

"Ente mau nebeng temen ma sopirnya. Tp temennya ga ikut. Itu namanya diantarin," tulis akun @gunl****.

KPK Lakukan Pendalaman Arti Nebeng

KPK memastikan akan mendalami makna "nebeng" yang sebenarnya. Menurut Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, pihaknya belum mengetahui makna kata tersebut saat membuat laporan gratifikasi Kaesang.

"Ya kita konteksnya nggak ngerti ya, ditulis itu karena teman gitu kan, satu arah gitu, kan kita nggak tau juga nih temannya kayak apa sih gitu kan, searah tuh ya kayak apa gitu, kita lihat lah dianalisa kayak apa," kata Pahala saat diwawancarai wartawan.

Pahala menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan klarifikasi terhadap seseorang berinisial Y, teman Kaesang, yang menyediakan jet pribadi untuk Kaesang, istrinya Erina Gudono, serta dua orang lainnya, yaitu kakak Erina dan stafnya.

Meskipun ada waktu 30 hari untuk menyelidiki laporan gratifikasi yang diajukan Kaesang sebagai anak pejabat negara, Pahala memastikan bahwa analisis akan dilakukan dengan cepat.

Demikianlah penjelasan mengenai arti kata nebeng yang sebenarnya, usai viral setelah diucapkan Kaesang soal dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Dini Sukmaningtyas

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #arti #nebeng #yang #sebenarnya #klarifikasi #kaesang #soal #pribadi #bikin #tambah #bingung

KOMENTAR