Museum Nasional Indonesia Sebut Proses Revitalisasi Berkelanjutan dan Inovasi Baru untuk Publik
Proses pemindahan arca dalam proses revitalisasi Museum Nasional. (Istimewa)
22:48
17 September 2024

Museum Nasional Indonesia Sebut Proses Revitalisasi Berkelanjutan dan Inovasi Baru untuk Publik

–Satu tahun pasca kebakaran yang melanda Museum Nasional Indonesia, proses revitalisasi yang intensif telah mencapai tahap signifikan. Upaya pemulihan ini mencakup perbaikan infrastruktur dan penyelamatan koleksi serta penerapan inovasi baru dalam penataan museum.

Di bawah supervisi Indonesian Heritage Agency (IHA), secara bertahap Museum Nasional Indonesia terus bertransformasi dengan membawa visi baru dalam peran sebagai penjaga warisan budaya yang interaktif dan dinamis. Proses revitalisasi Museum Nasional Indonesia pasca kebakaran melibatkan berbagai langkah penanganan yang komprehensif, dimulai dari pendataan dampak kerusakan terhadap bangunan dan koleksi. Upaya ini mencakup evakuasi koleksi terdampak, penyanggaan bangunan yang masih berdiri, dan pembongkaran struktur yang rawan runtuh.

Seluruh proses ini dilakukan secara paralel dengan pemindaian serta dokumentasi untuk memastikan konservasi yang akurat. Pendampingan dari tim Tenaga Ahli Cagar Budaya dan Tim Ahli Pemugaran, UNESCO dan pakar internasional lain turut memperkuat langkah-langkah ini, disertai dengan rangkaian Forum Group Discussions (FGD) intensif dengan para ahli dari dalam dan luar negeri.

Seperti tim ahli cagar budaya, tim ahli pemugaran, serta visitasi mitra internasional seperti Jepang, Prancis, Belanda, dan Amerika, guna memastikan kelayakan dan perencanaan revitalisasi yang holistik. Lebih dari pemulihan fisik, revitalisasi Museum Nasional Indonesia juga mencakup transformasi konseptual melalui konsep Reimajinasi Warisan Budaya yang terdiri dari tiga pilar utama. Reprogramming, Redesigning, dan Reinvigorating.

Museum Nasional Indonesia diharapkan menjadi lebih dari sekedar ruang pameran, melainkan pusat interaksi sosial dan edukasi bagi masyarakat. Plt Kepala Indonesian Heritage Agency Ahmad Mahendra menekankan pentingnya revitalisasi dalam kerangka yang lebih luas.

”Kami tidak hanya memperbaiki fisik bangunan dan menyelamatkan koleksi, tetapi juga melakukan reimajinasi terhadap bagaimana museum ini dapat berperan lebih besar bagi masyarakat. Revitalisasi ini bukan sekadar perbaikan infrastruktur, tetapi transformasi yang mendalam baik secara fisik maupun konseptualyang menghadirkan museum sebagai ruang interaktif dan relevan dengan kebutuhan publik modern,” ujar Ahmad Mahendra.

Upaya revitalisasi Museum Nasional Indonesia, yang merupakan hasil kolaborasi antara IHA, pemerintah, masyarakat khususnya para mitra museum, komunitas budaya, lembaga internasional, ahli sejarah, dan arsitek. Revitalisasi berfokus pada transformasi fisik dan konseptual, dengan tujuan menghadirkan museum sebagai ruang publik yang lebih interaktif, dinamis, dan relevan dengan perkembangan zaman. Sekaligus menekankan pentingnya peran museum sebagai pusat edukasi, interaksi sosial, dan penjaga warisan budaya.

Sistem keamanan museum pun telah ditingkatkan secara signifikan, termasuk penerapan teknologi terbaru untuk melindungi koleksi museum dari ancaman di masa depan. Perbaikan fisik museum juga mencakup renovasi ruang pameran dan peningkatan fasilitas pengunjung, menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman.

Ni Luh Putu Chandra Dewi, Penanggung Jawab Unit Museum Nasional Indonesia menambahkan, pihaknya memperkuat komitmen dalam melestarikan dan memperkenalkan kembali kekayaan budaya Indonesia. Revitalisasi ini adalah upaya berkelanjutan untuk memastikan Museum Nasional Indonesia tetap menjadi ruang yang relevan dan inspiratif bagi generasi mendatang.

Direncanakan dibuka untuk publik pada pertengahan Oktober, Museum Nasional Indonesia berupaya untuk menghadirkan pengalaman yang baru yang dinamis dan interaktif. Museum Nasional Indonesia akan memperkenalkan empat program utama yang dirancang khusus untuk mengajak pengunjung terlibat lebih dekat dengan sejarah dan budaya Indonesia.

Museum Nasional Indonesia tidak hanya berkomitmen untuk memberikan pengalaman edukatif yang lebih mendalam, tetapi juga menciptakan ruang yang menginspirasi dialog lintas budaya dan keterlibatan sosial. Museum ini akan dibuka kembali untuk publik pada 15 Oktober, dengan berbagai program baru yang siap memberikan pengalaman berkesan bagi seluruh pengunjung.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #museum #nasional #indonesia #sebut #proses #revitalisasi #berkelanjutan #inovasi #baru #untuk #publik

KOMENTAR